Rabu, 19 Januari 2022
Advetorial

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Mojokerto Berharap Keterbukaan Informasi Jadi Budaya 

profile
Andy

01 Desember 2021 21:21

93 dilihat
Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Mojokerto Berharap Keterbukaan Informasi Jadi Budaya 
Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Mojokerto Moeljadi

KOTA MOJOKERTO - Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Mojokerto Moeljadi beri apresiasi terhadap penghargaan Komisi Informasi yang diraih Pemkot Mojokerto. Penghargaan ini diraih dari Komisi Informasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dengan tajuk  Keterbukaan Informasi (KI) Award 2021 sebagai badan publik informatif.

Moeljadi menilai, penghargaan sebagai badan publik informatif merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Kota Mojokerto untuk bekerja secara transparan kepada masyarakat. 

Anggota Komisi III DPRD Kota Mojokerto ini pun menyebut penghargaan itu juga sebagai pembuktian kinerja yang dapat dirasakan masyarakat. 

 “KI Award yang diterima Pemerintah Kota Mojokerto juga bukti komitmen Wali Kota dengan memberikan pelayanan prima dalam keterbukaan informasi publik,” cetusnya. 

Keberhasilan diraihnya KI Award, ujar Moeljadi, menjadi tolok ukur bahwa pelayanan dalam memberikan informasi kepada publik yang dikelola Pemerintah Kota Mojokerto mengalami peningkatan.

“Capaian itu (Anugerah KI Award 2021) sekaligus menjadi tantangan ke depan agar bisa memberikan informasi yang terbaik untuk masyarakat,” ucap politisi PAN tersebut. 

Tentunya, ujar Moeljadi lebih lanjut, peningkatan perbaikan tata kelola keterbukaan informasi publik yang adaptif dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi hal yang harus terus dikedepankan Pemerintah Kota Mojokerto. 

“Peringkat Informatif yang diperoleh Pemerintah Kota Mojokerto dalam KI Award akan semakin memacu Pemerintah Kota Mojokerto untuk terus mengembangkan kualitas pelayanan publik agar semakin baik lagi.,” tandasnya. 

Menurutnya, keterbukaan informasi publik merupakan hal strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan baik, transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. 

“Peningkatan keterbukaan informasi kita harapkan menjadi budaya di lingkup Pemerintah Kota Mojokerto,” cetusnya. 

Menurut Moeljadi, KI Award yang diraih Pemerintah Kota Mojokerto bagian dari upaya implementatif terhadap Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). 

“Salah satu indikator terlaksananya implementasi UU KIP adalah ketersediaan informasi yang bisa diakses oleh masyarakat dibarengi dengan berbagai inovasi di bidang layanan informasi dibawa Diskominfo setempat,” ujarnya. 

UU KIP , sambung Moeljadi, memberikan jaminan bahwa setiap orang berhak untuk mengakses informasi yang dimiliki lembaga publik guna mewujudkan keterbukaan informasi publik. 

"Karena tersedianya informasi yang terkait dengan tata kelola pemerintahan itu bisa menjadi bagian penting dalam mewujudkan good governance,” katanya. (ADV)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Mojokerto Berharap Keterbukaan Informasi Jadi Budaya 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT