Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Kisah Nyata Jenazah PMI asal Jember Tertukar Bikin Geram Keluarga

profile
Rochul

24 Januari 2021 10:10

357 dilihat
Kisah Nyata Jenazah PMI asal Jember Tertukar Bikin Geram Keluarga
Ilustrasi jenazah TKI (istimewa)

JEMBER - Kisah nyata jenazah tertukar, begitulah yang terjadi menimpa keluarga pekerja migran Indonesia (PMI) Dusun Krajan I, Desa Grenden, Kecamatan Puger, Jember. Jenazah Suliyati yang harusnya diterima keluarga ternyata bukanlah jasad Suliyati, melainkan pekerja migran Indonesia lainnya.

Anehnya, jasad tersebut telah dikirimkan oleh pihak kargo bandara dari Malaysia ke Surabaya dan diketahui sama sekali tak mirip dengan Suliyati. Hal ini berdasarkan catatan dokumen dan foto yang diterima pihak keluarga dan perangkat desa yang membantu proses pemulangan jenazah.

Kasun Krajan I Desa Grenden, Deni Agus Setiawan membenarkan insiden tertukarnya jenazah Suliyati. Ia sendiri mengaku terlibat langsung pada proses administrasi pemulangan jenazah Suliyati.

"Jenazah Suliyati ini rencananya akan dipulangkan dari Malaysia ke Jember. Pemulangannya menggunakan jasa kargo penerbangan dari Malaysia,"  ungkap Deni, pada Minggu (24/1/2021).

Selanjutnya, pihak keluarga sempat mendapat data dan kiriman foto identitas jenazah yang diklaim Suliyati yang sudah berada di dalam peti mati tersebut.  Data itu diterima sesaat sebelum jenazah diterbangkan oleh pihak kargo ke Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Setelah dilihat ternyata bentuk wajah tidak sama dengan wajah Suliyati.Tidak hanya itu saja.,di dalam database tercatat nama Suryanti, bukan Suliyati. Namun anehnya alamat tulisan di peti mati memang benar sesuai alamat rumah Suliyati yang berada di Kecamatan Puger,"ungkapnya.

Ironisnya pihaknya telah memberitahu perusahaan kargo tersebut dan ngotot bahwa jenazah yang dikirim benar bernama Suliyati yang berlamatkan di Jember. Alhasil pihak keluarga dan pemerintah desa akhirnya meminta bantuan ke  Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang berada di Surabaya., untuk melakukan penelusuran.

"Awalnya kita sudah berusaha sebelum jenazah Suliyati diterbangkan oleh jasa kargo dari Malaysia, kita berusaha memberi tahu, jika yang bersangkutan itu beda orang dari wajahnya, namun pihak kargo tetap bersikukuh dan kami akirnya bersama keluarga datang ke Bandara Juanda Surabaya  untuk meluruskan hal tersebut dengan pihak terkait," paparnya.

Setelah dilakukan penelusuran oleh BP2MI ditemukan fakta bahwa jenazah yang dikirim pihak kargo ke Jember itu merupakan jenazah Suryati warga Sragen, yang juga pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Jenazah ini tertukar lantaran keduanya meninggal dunia di lokasi rumah sakit yang sama di Malaysia.

Alhasil, pihak keluarga Suliyati, meminta pihak kargo bertanggungjawab atas kesalahan pengiriman jenazah. Kini keluarga Suliyati masih menunggu proses administrasi pemulangan jenazah Suliyati ke Bandara Internasional Juanda.

Perwakilan keluarga langsung mengawal pemulangan jenazah Suliyati ke Surabaya. Sementara jenazah Suryati yang salah kirim telah dijemput pihak keluarganya di Bandara Internasional Juanda untuk proses dipulangkan ke Sragen.

Sebagai informasi, PMI bernama Suliyati telah bekerja di Malaysia selama 10 tahun. Ia dikabarkan sakit dan dirawat di salah satu rumah sakit di Malaysia.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kisah Nyata Jenazah PMI asal Jember Tertukar Bikin Geram Keluarga

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT