Rabu, 26 Januari 2022
Ekonomi

Kisah Penjahit Baju Bertahan di Tengah Gerusan Ekonomi Imbas Pandemi Covid-19

profile
ibnu

29 Juni 2021 19:06

41 dilihat
Kisah Penjahit Baju Bertahan di Tengah Gerusan Ekonomi Imbas Pandemi Covid-19
Nanang penjahit kain yang terpaksa keliling

PROBOLINGGO - Pandemi Covid-19 tidak hanya menimbulkan krisis kesehatan di masyarakat tetapi berdampak pada pelaku ekonomi sebagian orang

Salah satunya dialami Nanang Qosim, warga Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo yang berprofesi sebagai penjahit rumahan terpaksa harus keluar karena mengalami paceklik akibat sepi pelanggan.

Nanang mengaku akibatnya telah terasa sejak tahun pertama covid-19 muncul yakni 2019 lalu. "Bagaimana tidak mau keluar, kalau nunggu di rumah ya tidak ada pemasukan, jarang sekali pelanggan datang," ujarnya, Selasa (29/6/2021).

Untuk menyambung hidup Nanang rela berkeliling berpuluh-puluhan kilo meter  setiap harinya untuk mengais rezeki. "Butuh makan saya dengan istri di rumah," katanya.

Nanang sendiri baru memulai kelilingi sekitar dua pekan saat sudah tidak lagi mendapat pemasukan, "sudah 14 hari, Alhamdulilah kalau keliling seperti ini penghasilan langsung ada ketimbang di rumah kan masih menunggu selesai," imbuhnya.

Alasan itu mendasari Nanang hingga rela menjemput bola agar jasanya agar tetap terpakai. Setelah dua pekan, Nanang bersyukur setiap harinya bisa meraup keuntungan dari jasa permaknya.

"Kalau penghasilan tidak tentu, sekitar Rp 100 sampai 150 ribu, tergantung ada pesanan atau tidak, Saya jam 7 pagi berangkat dari rumah mas, kalau cepat jam 12 sudah pulang, kadang sampai sore juga," ujarnya.

Meski begitu pria 37 tahun itu tetap semangat menekuni profesinya, meski kadang terdapat kendala. "Tetap disyukuri yang penting kita sudah berusaha Tuhan akan kasi jalan mas," tukasnya. (Fcs / mu)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kisah Penjahit Baju Bertahan di Tengah Gerusan Ekonomi Imbas Pandemi Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT