Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Kisah Tenaga Medis Pahlawan Masa Kini Berperang Lawan Covid-19

profile
Admin

11 November 2020 18:37

203 dilihat
Kisah Tenaga Medis Pahlawan Masa Kini Berperang Lawan Covid-19
Tenaga medis membuat hiburan di tengah kesibukan merawat pasien Covid-19

BANYUWANGI - Perjuangan tenaga medis dalam menangani COVID-19 yang berjalan hampir 9 bulan patut mendapat gelar pahlawan kekinian. Bagaimana tidak, dedikasi energi, keahlian, dan keilmuan berperang dengan COVID-19, menjadi tenaga medis layak mendapat gelar pahlawan. 

Dokter Spesialis Paru-Paru RSUD Blambangan dr.Ririek Parwitasari mengisahkan, perjuangannya dan rekan - rekan berperang melawan COVID-19 selama hampir 9 bulan. Ririek menuturkan bagaimana setiap hari ia harus memakai alat perlindungan diri (APD) level tiga yang tebal dan panas. 

"Perjuangan yang sedikit menyulitkan, yaitu kami harus kepanasan, gerah karena harus memakai hazmat setiap harinya, belum lagi saat pakai masker N95 yang tentunya juga pengap," ungkapnya, Rabu (11/11/2020).

Terlebih lanjutnya saat harus berhadapan dengan pasien yang sulit ditangani dan enggan untuk diopname. "Kami tidak memaksa, tapi kami terus memberikan pengertian tentang berbagai bahaya Covid-19 bagi diri sendiri maupun orang lain, agar pasien bersedia untuk dirawat," ujarnya.

Tetapi layaknya superhero, tim medis tak pernah patah arang. Pihaknya mengatakan setiap tak pernah putus asa dalam berjuang merawat pasien Covid-19 di Banyuwangi.

"Kami tetap semangat, karena kami merasa masih bisa menjadi orang yang bermanfaat, dapat mengaplikasikan ilmu yang kami dapatkan itu untuk masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.

Dan tentunya, lanjutnya sejak muncul pada bulan Maret 2020, dari virus ini banyak pelajaran yang bisa diambil. Dijelaskannya, yang ia alami diawal yakni tentang ketakutan terpapar. "Lambat lain kami mulai terbiasa dan siap. Ya karena kami sudah mematuhi protokol Kesehatan dengan baik," bebernya. 

Ririek pun turut menyemangati tenaga medis lainnya, yang saat ini sama-sama berjuang melawan pandemi agar tetap ikhlas dalam berbuat kebaikan. Mengingat, kerja-kerja tenaga medis yang bersinggungan langsung dengan para pasien maka kewaspadaan tetap yang utama.

"Tetap semangat, tetap taati protokol kesehatan yang 3M itu, tetap waspada dan jangan menggampangkan virus ini," tukasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kisah Tenaga Medis Pahlawan Masa Kini Berperang Lawan Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT