Sabtu, 22 Januari 2022
Pendidikan

Kodim 0825 Banyuwangi Beri Pembinaan Wasbang ke Sejumlah Mahasiswa. Dandim : ada yang lupa Pancasila

profile
Ikhwan

08 April 2021 13:50

52 dilihat
Kodim 0825 Banyuwangi Beri Pembinaan Wasbang ke Sejumlah Mahasiswa. Dandim : ada yang lupa Pancasila

BANYUWANGI - Kodim 0825 Banyuwangi memberikan pembinaan wawasan kebangsaan kepada sejumlah mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi. Kodim merasa kegiatan ini penting dilakukan ditengah krisis karakter serta lemahnya pengetahuan bernegara.

Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Infantri Yuli Eko Purwanto mengatakan keresahannya terhadap anak muda saat ini yang cenderung melupakan hingga tidak memahami prinsip berbangsa dan bernegara. Maka kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk kembali menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Yuli mengungkapkan berdasarkan survei yang dia lakukan, banyak sekali anak muda yang mulai terkikis cara pemahaman bernegara dan berbangsa.

"Seperti saat ini saya melakukan testimoni, memberi pertanyaan, dan ternyata masih ditemukan teman-teman mahasiswa masih ada yang terbalik-balik, lagu kebangsaan kemudian sejarah ada ada yang lupa dan tidak tahu" kata Yuli, (8/4/2021), usai memberikan pembinaan.

Yuli berharap, agar materi wawasan kebangsaan ini bisa diberikan secara reguler, supaya karakter anak muda Indonesia terbentuk sebagai mana mestinya.

"Menjiwai Pancasila, menjiwai UUD 1945, tahu bagaimana Indonesia ini berdiri," imbuhnya.

Sementara itu Humas Universitas PGRI Banyuwangi, Wagiyono mengatakan upaya yang dilakukan ini juga sebagai upaya untuk membentuk mahasiswa yang berkepribadian nasionalis. Dalam artian juga untuk menangkal paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila.

"Karena bagaimanapun kalau remaja-remaja ini tidak diberikan wawasan, tidak diberikan pemahaman, maka itu sama halnya seperti merongrong kehidupan berbangsa dan  menjadi celah untuk paham-paham itu bisa masuk," ungkapnya.

Wage berharap usai diberikan materi mahasiswa mampu memahami dengan baik konteks-konteks nasionalisme dan bela negara.

"Tidak hanya puas dengan materi-materi ini tapi bagaimana kedepannya juga bisa mempraktekkannya," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kodim 0825 Banyuwangi Beri Pembinaan Wasbang ke Sejumlah Mahasiswa. Dandim : ada yang lupa Pancasila

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT