Minggu, 23 Januari 2022
Kriminal

KOMAD Nilai Bea Cukai Terlibat Produksi Rokok Ilegal di Pamekasan

profile
Faisol

04 Maret 2021 15:26

277 dilihat
KOMAD Nilai Bea Cukai Terlibat Produksi Rokok Ilegal di Pamekasan

PAMEKASAN - Komunitas Monitoring dan Advokasi (KOMAD) melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Bea Cukai Madura, Kamis (4/3/2021).

Dalam aksinya, mereka menduga Bea Cukai Madura terlibat dalam produksi rokok ilegal yang dilakukan oleh perusahaan rokok.

"Kami menemukan pelanggaran dalam penempelan pita cukai dari SKT ke rokok SKM," kata Zaini Wer Wer, Ketua KOMAD.

Selain itu, Zaini mengaku menemukan bukti penggunaan pita cukai palsu, pita bekas, dan rokok polos tanpa cukai, serta retalisasi mesin rokok linting kepada perusahan merek rokok lainnya.

"Anehnya, dari sekian banyak rokok yang dimusnahkan hanya ada dua tersangka. Sementara yang lainnya dibiarkan bebas," paparnya.

Senada dengan Zaini, Hasib mengatakan bahwa jutaan barang bukti (BB) yang disita mayoritas adalah rokok SKM, tapi tidak ada mesin linting yang juga dijadikan BB.

"Cukai SKT yang ditempel pada produk rokok SKM. Alasan Cukai pasti PR ada ijin usaha rokok kretek, tapi kami yakin itu hanya kedok dari perusahaan agar bisa menebus cukai SKT. Nah, disitulah indikasi adanya main mata antara cukai dengan pengusaha," tegasnya.

Dengan demikian, kata dia, penegakan hukum Bea Cukai Madura melalui penyidikan dan penindakan (P2) perlu ditingkatkan.

Sementara itu, Humas Bea Cukai Madura Zainul mengakui bahwa tidak menyisir semua tempat. Hal itu dikarenakan keterbatasan pegawai yang hanya 45 pegawai.

"Terus kita istirahatnya kapan?," katanya, saat diminta menjelaskan berapa pengusaha rokok yang tidak punya mesin tapi memproduksi.

Menurutnya, Bea Cukai Madura hanya sebatas melakukan monitoring. Sebab, setiap kali pabrik rokok melakukan produksinya akan membuat laporan kepada Cukai.

Sekedar diketahui, massa aksi terus menyampaikan aspirasinya di depan kantor Bea Cukai Madura, tepatnya Jalan Raya Panglima Sudirman Pamekasan. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

KOMAD Nilai Bea Cukai Terlibat Produksi Rokok Ilegal di Pamekasan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT