Rabu, 19 Januari 2022
Advetorial

Komisi C Kabupaten Lumajang Ingin Berikan Pembinaan Kepada Penambang Manual

profile
desmegia

22 November 2021 14:06

65 dilihat
Komisi C Kabupaten Lumajang Ingin Berikan Pembinaan Kepada Penambang Manual

LUMAJANG - Penambang pasir manual di kabupaten Lumajang wajib diberikan pembinaan terkait pertambangan dari berbagai aspek.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lumajang, Trisno. Yang menurutnya, hal tersebut sangat dibutuhkan terkait dengan pembudidayaan pertambangannya.

"Jadi bukan terkait pengembangan kawasan pertambangannya, terkait pembudidayaannya perlu dikembangkan," katanya kepada media ini, Senin (22/11/2021).

Menurut politisi PPP ini, penertiban pertambangan di Kabupaten Lumajang itu juga sangat penting, sebab demi peningkatan Pendapatkan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lumajang.

"Saat ini penerimaan pajak minerba masih sangat minim, tidak sesuai dengan targetnya, Rp 25 milyar, namun masih terisi Rp 9 milyar saja," ungkapnya.

Penertiban kegiatan pertambangan rakyat, kata Ketua DPC Gerakan Pemuda Ka'bah ini, terkait dengan yang berpotensi merusak lingkungan saja.

"Makanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, tidak ingin adanya pengembangan kawasan pertambangan, melainkan mengembangkan potensi bahan galian yang ada," ujarnya lagi.

Trisno mengatakan kalau pengembangan potensi bahan galian tersebut ada dibeberapa kecamatan, seperti Pasrujambe, Senduro, Sumbersuko, Yosowilangun, Kunir, Tempeh, Pasirian, Tempursari, Pronojiwo, Candipuro dan Ranuyoso.

"Jangan sampai kondisi seperti ini dapat merusak lingkungan di sepanjang aliran sungai," harapnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Komisi C Kabupaten Lumajang Ingin Berikan Pembinaan Kepada Penambang Manual

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

1 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT