Rabu, 26 Januari 2022
Komunitas

Komunitas Sempak Banyuwangi Kumpulkan Bantuan Celana Dalam Untuk Korban Erupsi Semeru

profile
Ikhwan

15 Desember 2021 11:54

75 dilihat
Komunitas Sempak Banyuwangi Kumpulkan Bantuan Celana Dalam Untuk Korban Erupsi Semeru

BANYUWANGI - Sebuah komunitas di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang menamakan diri sebagai Tim Sempak, menggalang bantuan untuk korban erupsi Semeru, khusus berupa pakaian dalam.

Mereka berupaya terus menggalang donasi hingga kini, karena menilai pakaian dalam sangat dibutuhkan korban bencana.

Hal itu didukung pengalaman mereka sendiri menggalang dana di beberapa kejadian bencana, dimana bantuan pakaian dalam langsung habis dibagikan pada korban dalam sehari.

Inisiator Tim Sempak, Arik Fajar Cahyono mengatakan, pihaknya juga ingin mengampanyekan pentingnya bantuan celana dalam untuk korban bencana.

Lantaran kebutuhan korban bencana atas pakaian dalam kerap tidak diperhatikan dan dan tidak tersampaikan. Malu dan tabu menjadi alasan korban meminta bantuan tersebut.

"Di satu sisi kita sebagai relawan yang di luar kan kadang tidak tahu mereka butuh apa, korban yang terdampak. Sementara mereka mau bilang butuh celana dalam juga malu, orang biasa bilangnya bisik-bisik," kata Arik di Banyuwangi, Sabtu (12/12/2021).

Pengiriman pertama untuk membantu korban erupsi Semeru di Lumajang, berupa 360 potong pakaian dalam berupa bra, celana dalam anak, serta untuk dewasa laki-laki dan perempuan. 

Sementara pengiriman kedua sebanyak 672 potong yang didominasi pakaian dalam dewasa.

Mereka fokus menerima pakaian dalam baru, popok dan pembalut wanita, atau uang untuk dibelanjakan barang-barang itu di sekitar Banyuwangi. 

Karena berkali-kali berbelanja, mereka tahu toko yang bisa memberikan harga lebih murah. Misalnya harga celana dalam perempuan Rp 26 ribu, sementara untuk laku-laki dua kali lipatnya. 

Kemudian mereka masukkan dalam kardus, disertai sebendel kresek hitam, untuk dikirimkan ke tempat terjadi bencana. 

Catatan belanja, kwitansi dan dokumentasi pengiriman barang mereka kirim ke donator dan dibagikan ke media sosial.

"Kalau kelihatan orang mungkin malu penerimanya, jadi saat dibagikan dibungkus kresek hitam biar tidak kelihatan orang lain saat dibawa," kata Arik lagi.

Salah satu anggota Tim Sempak, Agista Catur Fitria (22), menceritakan komunitas itu berdiri saat mereka sama-sama menjadi relawan dalam bencana banjir bandang di Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, tahun 2018 silam.

Beberapa orang korban bencana tersebut menanyakan bila ada bantuan pakaian dalam. Karena sudah 3 hari mereka menggunakan pakaian dalam yang sama.

Di sisi lain banyak sumbangan pakaian bekas, namun tak ada pakaian dalam yang layak pakai. Mereka pun mulai menggalang dana bantuan untuk dibelanjakan pakaian dalam, dan menyerahkan ke posko bantuan.

Saat ada pendataan di posko bencana, mereka harus menuliskan nama lembaga atau komunitas. Mereka membubuhkan nama Tim Sempak karena sedang membawa bantuan berupa celana dalam.

"Karena sangat butuh, banyak laki-laki mau memakai celana dalam cewek. Jadi karena sebetulnya butuh banget. Sedangkan celana cewek memang lebih banyak karena lebih murah," kata Gista, Sabtu.

Mereka kemudian melakukan praktik yang sama pada korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2018. Juga likuifaksi di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada tahun yang sama.

Dari beberapa kali penyaluran bantuan itu, mereka menilai bantuan pakaian dalam untuk korban bencana sangat penting dan harus diperhatikan.

Biasanya bantuan jenis lain seperti makanan, obat-obatan, pakaian layak pakai, dan kebutuhan dasar lain telah diperhatikan pemerintah dan para donatur swasta. Namun pakaian dalam belum diperhatikan.

Kini merespon bancana erupsi Gunung Semeru, mereka berupaya menyalurkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pakaian dalam para korban.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Komunitas Sempak Banyuwangi Kumpulkan Bantuan Celana Dalam Untuk Korban Erupsi Semeru

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT