Kamis, 27 Januari 2022
Lifestyle

Korem 082 CPYJ Temukan 33 Batu Purbakala di Pendopo Agung Trowulan

profile
Andy

26 Januari 2021 21:26

572 dilihat
Korem 082 CPYJ Temukan 33 Batu Purbakala di Pendopo Agung Trowulan
Batu purbakala yang ditemukan di Pendopo Agung Trowulan Mojokerto

MOJOKERTO - Komandan Korem (Danrem) 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto siapkan skema pemindahan situs batu purbakala yang ada di Kompleks Pendopo Agung Trowulan. Guna menyiapkan langkah pemindahan situs purbakala ini Danrem 082 CPYJ telah berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Danrem 082 CPYJ Kolonel Inf. Dariyanto menyatakan, skema pemindahan 33 batu purbakala telah dikoordinasikan dengan BPCB Jawa Timur. Mengingat situs tersebut berada di kawasan Pendopo Agung Trowulan, maka tanggung jawab pengawasan dan pemeliharaan menjadi wewenang Korem 082 CPYJ.

"Penemuan bebatuan purbakala yang berjumlah 33 buah ini merupakan hasil dari penggalian dimana Pendopo Agung Trowulan akan dijadikan tempat wisata  budaya dan edukasi sehingga perlu diadakan pembenahan di sekitar pendopo agung tersebut," ungkap Dariyanto melalui rilis yang diterima suarajatimpost, pada Selasa (26/1/2021).

Nantinya lanjut Dariyanto, batu purbakala ini akan disimpan di suatu tempat di dalam kompleks Pendopo Agung Trowulan untuk memudahkan pengawasan dan penjagaan.

"Batu purbakala tersebut akan ditempatkan di suatu tempat dalam Komplek Pendopo Agung Trowulan agar memudahkan pengawasan dan menjamin keamanan benda purbakala tersebut dari orang yang tidak bertanggung jawab," bebernya.

Sementara itu, Arkeolog BPCB Jawa Timur Nonuk Kristiana menyampaikan, ada 5 umpak batuan purbakala yang diduga bernilai sejarah. Batuan tersebut terdiri dari lima umpak, 1 batu  monilit dan 27 batuan candi.   Umpak merupakan landasan tiang penyangga bangunan yang berkonstruksi dari kayu.

"Kami sangat berterimakasih kepada Komandan Korem 082/CPYJ yang sangat peduli dengan benda-benda bersejarah. Benda-benda tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai sarana edukasi sejarah bagi masyarakat," tukasnya. (Adv)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Korem 082 CPYJ Temukan 33 Batu Purbakala di Pendopo Agung Trowulan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT