Rabu, 26 Januari 2022
Politik

KPU Malang Tegaskan Pemungutan Suara Harus Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

profile
Admin

02 Desember 2020 09:38

134 dilihat
KPU Malang Tegaskan Pemungutan Suara Harus Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19
Simulasi pemungutan suara di Pilkada Malang (dokumen suarajatimpost)

MALANG - KPU Kabupaten Malang telah menyiapkan regulasi pencoblosan Pilkada di tengah pandemi COVID-19. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) bagi petugaa TPS.

"Pelaksanaan Pilkada nanti wajib pemerapan Prokes dan APD serta tata cara pencoblosannya," ujar Ketua KPU Malang, Anis Suhartini, usai debat publik Pilkada pada Selasa malam (1/12/2020).

Nantinya lanjut Anis, tak hanya petugas pencoblosan yang wajib menerapkan protokol kesehatan, pemilih yang datang pun wajib mematuhi Prokes COVID-19, bila tidak maka diminta kembali mengambil masker.

"Setiap pemilih wajib memakai masker apabila tidak membawa, panitia pemilihan akan memberikan masker serta sarung tangan untuk pemilih," tuturnya.

Anis melanjutkan, pihaknya juga menerapkan Prokes yang ketat bagi pemilih dan seluruh panitia pemilihan wajib menggunakan APD.

"Agar tidak terjadi kerumunan para pemilih, KPU membuat Regulasi, di setiap undangan pencoblosan sudah tertera waktu dan jam pencoblosannya, apabila pemilih tidak bisa hadir tepat waktu, tetap di layani oleh panitia," ungkapnya.

Skema penerapan protokol kesehatan COVID-19 juga telah disiapkan di TPS, termasuk bila ada pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat.

"Di TPS para pemilih di himbau jaga jarak serta di ukur suhu tubuhnya setelah itu di persilahkan Menunggu di tempat yang di ambilkan. Apabila ada pemilih suhu tubuhnya di atas rata rata maka nanti di arahkan ke bilik khusus," bebernya.

Untuk panitia pemilihan, pihaknya memastikan seluruhnya dipilih yang dalam, keadaan sehat.


"Nantinya semua panitia yang di lapangan akan di rapid test dengan hasil Non Reaktif untuk memastikan mereka semua dalam keadaan sehat," ucapnya.

"Harapannya Pilkada serentak 9 Desember nanti berjalan sukses lancar dan yang paling penting seluruh panitia dan para pemilih tetap melaksanakan Prokes yang di tetapkan karena Pilkada nanti dalam suasana pandemi covid-19," pungkasnya. (nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

KPU Malang Tegaskan Pemungutan Suara Harus Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT