Sabtu, 22 Januari 2022
Pemerintahan

Kurangi Sengketa Tanah, Pemkab dan BPN Probolinggo Jalin Kerjasama

profile
Admin

08 Oktober 2020 20:33

126 dilihat
Kurangi Sengketa Tanah, Pemkab dan BPN Probolinggo Jalin Kerjasama
Bupati Probolinggo dan BPN saat menjalin kerjasama

PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo menjalin kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam program trijuang. Kerjasama ini dijalin di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Probolinggo pada Kamis (8/10/2020).

 

Kepala Kantor BPN Kabupaten Probolinggo Martono menyampaikan, terdapat program khusus di Jawa Timur yakni percepatan terwujudnya sistem informasi pertanahan lengkap di setiap desa/kelurahan yang valid dan berkelanjutan.

 

“Dimana program ini untuk mengurangi sengketa pertanahan serta menjaga keberlangsungan pemeliharaan data pertanahan,” ungkap Martono.

 

Pengertian pola sinergitas trijuang lanjut Martono, nantinya pemerintah desa akan membantu menyiapkan data - data pertanahan yang dimiliki oleh desa. Dari sana Pemdes membuat kebijakan yang mendorong kegiatan tersebut dan mengalokasikan anggaran desa untuk kegiatan pra PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

 

“Sedangkan Pemerintah Kabupaten Probolinggo membantu menyiapkan data-data yang dibutuhkannya. Untuk BPN melaksanakan sensus pertanahan yang nantinya dibantu oleh Pemeritah Desa, melaksanakan PTSL dengan produk peta desa lengkap dan membuat sistem informasi pertanahan lengkap,” tegasnya.

 

Sementara Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari menjelaskan, program trijuang ini bagian inovasi yang luar biasa dan sebuah apresiasi dari BPN.

 

“Saya selaku Bupati Probolinggo sangat mendukung terhadap program trijuang untuk mengatasi permasalahan pertanahan. Tentunya akan dilakukan sinergitas dan pemerintah daerah melalui OPD terkait, akan mengawal penuh berjalannya program trijuang,” bebernya.

 

Bupati Tantri menegaskan banyak hal yang perlu ditindaklanjuti untuk mengatasi permasalahan pertanahan dan segala aspek yang berpengaruh didalamnya. Melalui program trijuang nantinya mampu mengurai permasalahan dan tantangannya secara teknis.

 

“Pada intinya, kami selaku Bupati Probolinggo mendukung penuh program Tri Juang berjalan di tahun 2021 dan seterusnya,” tutupnya. (Ubaidillah SE)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kurangi Sengketa Tanah, Pemkab dan BPN Probolinggo Jalin Kerjasama

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT