Minggu, 23 Januari 2022
Advetorial

Lagi, Tempuh Ratusan Kilometer ASC Foundation Berikan 200 Paket Bantuan ke Blitar

profile
Andy

27 Mei 2021 11:05

84 dilihat
Lagi, Tempuh Ratusan Kilometer ASC Foundation Berikan 200 Paket Bantuan ke Blitar
Drektur ekskutif ASC Foundation saat berikan bantuan ke kecamatan Selorejo.

BLITAR - Lagi, tempuh ratusan kilometer Asep Saifuddin Chalim (ASC) Foundation berikan 200 paket bantuan untuk korban bencana alam gempa bumi blitar pada Jumat (2105/2021) lalu.

Direktur ekskutif ASC Foundation Muhammad Albarraa menyebutkan, paket bantuan itu terdiri dari lima macam. Yakni Beras 5 kg, Sarung, Kain Batik (sewek), Indomie 1 kardus, dan juga uang tunai Rp. 100.000.

"Jadi setiap orang akan menerima bantuan tersebut. Kali ini kami bawakan 200 paket bantuan," kata Gus Barraa yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Mojokerto.

Lebih lanjut dikatakannya, bantuan ini murni dari kantong pribadi ASC Foundation. Bukan dari pemda, pemprov ataupun pemerintah pusat, tidak adakaitannya dengan APBD.

Sementara itu, pendiri ASC Foundation Kiai Asep Saifuddin Chalim kembali menegaskan bahwa motto kami adalah "Hanya Memberi Untuk Berbagi".

"Jadi kami tidak menerima dana dari manapun juga, semuanya dari kantong pribadi kami. Semoga bisa menjadi berkah, serta bagi warga Blitar yang tertimpa musibah ini diberikan ketabahan," kata Kiai Asep yang juga pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah.

Masih menurut Kiai Asep, kami (ASC Foundation) dalam melakukan aksi sosial selalu melibatkan Persatuan Guru Nadhlatul Ulama (PERGUNU).

"Yang mana ada 17.000 anggota PERGUNU yang sudah tersebar di seluruh Indonesia ini," tambah Kiai Asep.

Selain Gus Barra, rombongan Kiai Asep tampak Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jatim Sururi, Wakil Ketua DPRD Mojokerto dari Partai Demokrat H Sholeh, anggota DPRD dari Gerindra Hendra, anggota DPRD dari PAN Muhammad Santoso, Pengurus ASC Foundation Sobirin, dan Ketua serta para pengurus Pergunu Blitar.

Kiai Asep berangkat dari Surabaya sekitar pukul 9 pagi. Saat tiba di Blitar sekitar pukul 14.00 WIB, Ketua Umum Pergunu ini disambut para pengurus Pergunu dan aktivis Banom dan Lembaga NU di sebuah masjid.

Ada dua tempat yang di datangi Kiai Asep dan Gus Barra serta rombongan. Yaitu para korban gempa di Kecamatan Selorejo dan Kecamatan Binangun.

Saat datang ke Kecamatan Selorejo, Kiai Asep disambut Camat Selorejo Dwi Reni Narulita. Ibu camat inilah yang kemudian mengantar Kiai Asep dan rombongan ke rumah korban gempa.

"Di wilayah Kecamatan Selorejo, ada tiga dusun yang terdampak. Yakni Dusun Buneng, Desa Goro; Dusun Kalilego, Desa Banjarsari; dan terakhir Dusun Ngerco Bari, Desa Ngerco. Totalnya ada 15 warga yang terdampak," ujar Dwi Reni Narulita.

"“Terima kasih Pak Kiai Asep dan Gus Barra, jauh-jauh dari Mojokerto datang kesini (Selorejo) untuk memberikan bantuan,” sambung Camat Selorejo Dwi Reni Narulita kepada Kiai Asep dan Gus Barra saat penyerahan bantuan secara simbolik di salah satu rumah korban gempa.

Tak berhenti sampai di sana, rombongan Kiai Asep dan Gus Barra kemudian mendatangi para korban gempa di Kecamatan Binangun yang dikumpulkan di Balai Desa Tawangrejo. Mereka juga tampak sangat antusias menyambut kehadiran Kiai Asep dan Gus Barra.

ASC Foundation saat berikan bantuan di Balai Desa Tawangrejo

“Ini rahmat luar biasa. Karena Kiai Asep yang dikenal banyak santrinya datang untuk memberi bantuan kepada warga Binangun,” kata Camat Binangun Bagus Hendry Dwinanto saat memberikan sambutan.

Camat Bagus Henry melaporkan, akibat gempa ini sekitar 200 rumah di Kecamatan Binangun, termasuk madrasah dan musolla, terdampak. Karena itu ia sangat berterimakasih kepada Kiai Asep yang telah datang membawa bantuan untuk warganya.

Bukan hanya camat yang datang menyambuat Kiai Asep. Ketua PCNU Kabupaten Blitar KH Masdain Rifai Ahyat juga hadir dan memberi apresiasi tinggi terhadap Kiai Asep dan Gus Barra.

Menurut Kiai Masdain, bantuan Kiai Asep ini tidak hanya menunjukkan kedermawanannya tapi juga kualitas keilmuannya sebagai ulama dan intelektual. 

“Tak terbayangkan seorang kiai, seorang ulama, turun membagikan bantuan,” kata Kiai Masdain saat memberikan sambutan di depan Kiai Asep dan para korban gempa.

Sementara Gus Barra menyatakan bahwa bantuan ini berasal dari Asep Saifuddin Chalim (ASC) Foundation, bukan dari pemerintah. 

“Dananya dari uang pribadi (abah, Kiai Asep Saifuddin Chalim). Ini respon sosial kami. ASC Foundation punya misi memberi untuk berbagi, tapi tidak menerima bantuan dari manapun. Kebetulan saya diberi amanah sebagai ketua,” kata Gus Barra yang wakil bupati Mojokerto.

Alumnus Universitas Al-Azhar itu berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban para korban bencana. “Sebelumnya kami juga memberi bantuan ke Malang, Lumajang, dan Blitar,” kata Gus Barra.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lagi, Tempuh Ratusan Kilometer ASC Foundation Berikan 200 Paket Bantuan ke Blitar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT