Minggu, 23 Januari 2022
Ekonomi

Pariwisata Banyuwangi Tetap Buka Selama Nataru 

profile
Ikhwan

23 Desember 2021 11:58

14 dilihat
Pariwisata Banyuwangi Tetap Buka Selama Nataru 

BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memberikan lampu hijau dengan dibukanya pariwisata selama natal dan tahun baru. Tentunya hal tersebut membawa angin segar bagi pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terus bergeliat memulihkan ekonomi yang terseok akibat pandemi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan bila pihaknya mengikuti arahan dari pemerintah pusat. Kendati pariwisata tetap dibuka ada beberapa aturan dan syarat yang wajib dipenuhi. 

"Pertama adalah kapasitas. Kapasitas hanya 75 persen, selanjutnya setiap tempat wisata, di pusat perbelanjaan dan pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu aktivitas yang bersifat kerumunan semacam konvoi dan pesta selama nataru harus ditiadakan," kata Ipuk, Kamis (23/12/2021).

Pihaknya pun telah meminta kepada kepala dinas terkait dan Satpol PP untuk memastikan pelaksanaan aturan tersebut.

"Kita ingin memastikan semuanya tetap berjalan dan tetap terkontrol. Tidak sampai menimbulkan dampak buruk penyebaran Covid-19," ujar Ipuk.

Sementara itu Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan selama natal dan tahun baru ini petugas akan berjaga dengan melaksanakan Operasi Lilin Semeru. Operasi tersebut berfokus pada peningkatan pola pengamanan serta pembatasan kegiatan masyarakat dan pelayanan di tempat mobilitas publik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita akan melakukan penjagaan dan pengamanan di titik-titik strategis seperti di alun-alun, tempat wisata, perhotelan dan tempat perbelanjaan untuk memastikan tidak adanya aktivitas yang memicu penyebaran Covid-19," kata Nasrun.

Dalam operasi tersebut polisi melibatkan sebanyak 1.720 aparat baik itu TNI Polri dan juga stakeholder pendukung lainnya. 

"Sama dengan tahun-tahun sebelumnya kami juga menyiagakan sniper," ujarnya.

Tak hanya itu untuk optimalisasi pengamanan polisi juga mendirikan pos penjagaan dan kesehatan. Sedikitnya ada 19 pos yang tersebar di wilayah Kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini.

"Salah satunya di ASDP Ketapang ini. Ada pelayanan kesehatan dan rest area, karena salah satu aturan penyebrangan menyebutkan wajib sudah dua kali vaksinasi. Kami juga menyediakan gerai vaksinasi," pungkasnya

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pariwisata Banyuwangi Tetap Buka Selama Nataru 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT