Sabtu, 29 Januari 2022
Hukum

Langgar Prokes, Kadisdikbud Bondowoso Didenda Rp 3 Juta

profile
eko

24 September 2021 19:40

83 dilihat
Langgar Prokes, Kadisdikbud Bondowoso Didenda Rp 3 Juta
Sidang pelanggaran protokol kesehatan Kadisdikbud Bondowoso

BONDOWOSO - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Bondowoso Sugiono Eksantoso dinyatakan bersalah melanggar aturan protokol kesehatan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Vonis bersalah ini dijatuhi majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bondowoso saat sidang pelanggaran Prokes di PN Bondowoso, pada Jumat (23/9/2021).

Kadisdikbud Bondowoso ini dijatuhi denda langgar melanggar aturan protokol kesehatan (Prokes) dangdutan yang sempat viral beberapa hari lalu. Kadisik Sugiono Eksantoso dijatuhi denda uang sejumlah Rp 3 juta oleh hakim.

Sementara guru perempuan yang merupakan teman duetnya saat bernyanyi didenda Rp 1 juta subsider 15 hari kurungan.

Keduanya oleh majelis hakim dinyatakan terbukti melanggar protokol kesehatan saat dangdutan di SMP Negeri 5 Bondowoso beberapa pekan lalu.

β€œMenjatuhkan hukuman denda kepada terdakwa Sugiono sebesar tiga juta rupiah, apabila saudara tidak membayar akan diganti dengan kurungan satu bulan,” ucap majelis hakim Muhammad Hambali SH., MH, Kamis (23/9/2021).

Terkait sebab beda jumlah vonis denda antara keduanya adalah karena jabatan mereka berbeda. 

"Sanksinya memang berbeda, Pak Kadis Sugiono lebih tinggi, karena dia sebagai kepala Dinas yang seharusnya memberi contoh bagi bawahannya," ujar hakim Hambali.

Sementara Kadisdikbud Sugiono tak memberikan komentar banyak usai menjalani sidang. Ia hanya menegaskan bahwa sudah menerima atas vonis yang ditimpakan. "Menerima, sudah ya,” singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam video viral berdurasi 2 menit 50 detik tampak Sugiono asyik melantunkan lagu berjudul 'Kandas' dengan salah seorang guru perempuan. Keduanya berduet mesra dengan disaksikan oleh puluhan guru.

Mantan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Bondowoso-Situbondo itu tampak tak sempurna memakai masker. Bahkan saking asyiknya keduanya beberapa kali sampai berdempetan. Seakan tak menghiraukan kewajiban menjalankan protokol kesehatan. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Langgar Prokes, Kadisdikbud Bondowoso Didenda Rp 3 Juta

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT