Jumat, 28 Januari 2022
Pemerintahan

Langkah Desa di Bojonegoro Deteksi Pemudik untuk Cegah Penyebaran Covid-19

profile
Mustakim

10 Mei 2021 05:12

110 dilihat
Langkah Desa di Bojonegoro Deteksi Pemudik untuk Cegah Penyebaran Covid-19
Ilustrasi pemeriksaan dokumen di pintu keluar tol Singosari Malang (dokumen SJP)

BOJONEGORO - Sejumlah langkah dilakukan desa untuk mengantisipasi penularan COVID-19 yang dibawa para pendatang yang mudik ke kampung halaman. Di Kabupaten Bojonegoro tepatnya di Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, pemerintah desa menyiapkan langkah khusus bagi pendatang yang telah pulang ke kampung halaman mereka. 

Melalui posko PPKM mikro pemerintah desa melakukan asistensi penanggulangan dengan mengumpulkan sejumlah elemen untuk melakukan koordinasi. 

Pengkordinasian yang minat langsung elemen mulai tingkat RT, RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, bhabinkamtibmas, bhabinsa, hingga perwakilan kecamatan dikumpulkan untuk pendataan sejumlah pendatang yang terlanjur tiba. 

Menurut Kepala Desa Pungpungan Selamet Hari Hadi, target sasaran yang dilakukan oleh Posko satgas Covid19 PPKM Mikro untuk mendeteksi bagi pemudik yang lolos dari penjagaan, serta bagi pemudik yang belum lapor ke Desa.

"Target sasaran untuk mendata pemudik dilingkungan RT masing masing,mengingat ketua RT adalah ketua posko PPKM Mikro" tutur Selamet Hari Hadi, ditemui pada Minggu (9/5/20219.

Slamet menambahkan, terobosan untuk mengintensifkan posko PPKM mikro untuk mendeteksi pemudik ini sebagai bagian mitigasi pemerintah desa menanggulangi penyebaran COVID-19. Dimana di dalamnya terdapat sejumlah unsur mulai perangkat desa, TNI polri, RT/ RW, hingga petugas kesehatan yang juga membantu tim melakukan tracing kepada para pemudik yang tiba. 

Para petugas kesehatan dari Puskesmas Pungpungan ini juga berperan langsung menyosialisasikan ke warga untuk turut mengisi formulir yang telah disiapkan. Formulir ini sebagai bagian pendataan mereka yang bekerja di luar daerah yang terlanjur tiba, sekaligus bagaimana mengimbau warga yang belum pulang untuk menunda kepulangan terlebih dahulu. 

"Form pendataan pemudik dan baner posko PPKM mikro per RT sudah siap, dan kita terus siaga satu dan bersosialisai kepada warga yang kerja di luar kota," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Langkah Desa di Bojonegoro Deteksi Pemudik untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT