Rabu, 26 Januari 2022
Ekonomi

Langkah Desa Kalibendo Lumajang Kelola UMKM dan BUMDes

profile
Admin

21 Desember 2020 20:41

230 dilihat
Langkah Desa Kalibendo Lumajang Kelola UMKM dan BUMDes
Bazar UMKM di Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Lumajang

LUMAJANG - Potensi pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kalibendo terus dimaksimalkan oleh pihak pemerintahan desa. Sejumlah pelaku kecil menengah ini digandeng untuk memamerkan produknya saat peresmian pasar BUMDes Desa Kalibendo, Lumajang. 

Para pelaku UMKM yang tergolong dalam Kelompok UMKM Pasirian (KUPAS) ini diberikan tempat oleh pemerintahan desa untuk menggelar pameran produk mereka.

Kades Kalibendo Asnawi Mangku Alam mengatakan, sengaja menggandeng para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Pasirian dan sekitarnya untuk melaksanakan bazar UMKM yang disponsori oleh KUPAS. Apalagi bazar ini dilakukan seiring dengan peresmian pasar desa yang dikelola BUMDes Desa Kalibendo. 

"Kami berharap peresmian pasar BUMDes ini bisa membawa kemaslahatan bagi warga desa Kalibendo khususnya, dan rekan-rekan UMKM se Kecamatan Pasirian pada umumnya," paparnya.

Dirinya mengutarakan, BUMDes di pasar ini nanti nantinya akan mengelola sejumlah unit usaha, di antaranya tempat cucian kendaraan, toko saprodi pertanian, toko bangunan, pengolahan limbah kotoran sapi menjadi pupuk organik, serta toko ATK. "Kelompok ternak sapi juga baru di bentuk wilayah Dusun Karanganyar," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk pemberdayaan masyarakat UMKM, tak lupa ada juga keripis yang memberikan kontribusi besar dalam hal produk olahan asal Desa Kalibendo.

"Selain itu, ada juga program pengolahan sampah yang dimasukan program awal tahun depan," ujar pria penggiat pertanian organik ini.

Sementara itu, seorang pelaku UMKM merk Aroma, Toyibatur Rochma, kepada awak media mengatakan kalau kegiatan ini lebih untuk promo biar lebih diketahui masyarakat luas. 

"Tapi karena Covid-19, jadi tidak begitu bisa siarkan, biasanya pakai mobil keliling ini masih terbatas. Ada peserta yang gandengan meja, yang mengikuti sekitar 16 meja, jadi ada 32 pelaku UMKM," tuturnya. 

Ia mengaku bersyukur pihak pemerintah desa mau memberikan ruang dan perhatian kepada pelaku UMKM seperti dirinya. Hal ini diharapkan bisa memajukan perekonomian dan UMKM di Kabupaten Lumajang ke depannya. (Fuad) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Langkah Desa Kalibendo Lumajang Kelola UMKM dan BUMDes

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT