Sabtu, 29 Januari 2022
Pemerintahan

Langkah Wali Kota Malang Cegah Penambahan Pasien Covid-19 yang Kian Meningkat

profile
Admin

14 Desember 2020 19:31

114 dilihat
Langkah Wali Kota Malang Cegah Penambahan Pasien Covid-19 yang Kian Meningkat
Wali Kota Malang Siapkan sejumlah langkah cegah peningkatan pasien Covid-19

KOTA MALANG - Penambahan pasien Covid-19 sejumlah 375 orang sejak tanggal 9 Desember hijgga 14 Desember 2020, membuat rekor penambahan sebelumnya pecah. Mengantisipasi peningkatan angka kasus Covid-19 yang kian masif Pemkot Malang menyiapkan sejumlah langkah pencegahan.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, bila pihaknya meminta menguatkan dan memaksimalkan peran kampung tangguh kembali.

"Ini akan terus kita tingkatkan, tentu kami sudah besok akan webinar dengan seluruh RW, kami harapkan, dari kecamatan, untuk saling menguatkan. Jadi kampung tangguh yang sudah kita bina, akan kita kuatkan," ujar Sutiaji, pada Senin (14/12/2020) usai meninjau RS Darurat Lapangan COVID-19.

Selain penguatan kampung tangguh, Sutiaji menyebut operasi yustisi juga akan digalakkan kembali bahkan hingga tingkat kelurahan. Hal ini terjadi setelah dalam beberapa bulan terakhir, operasi yustisi seolah kendor dan terlena.

"Operasi yustisi akan kita lakukan per kelurahan untuk mengingatkan saudara kita yang lagi lengah. Terlebih sebentar lagi kita ada liburan panjang, walaupun sudah dikurangi 3-4 hari, tapi hitungannya masih lebih dari satu minggu," terang pria kelahiran Lamongan ini.

Meski demikian, Sutiaji memastikan tak akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ia justru menyebut bila kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 inilah yang harus ditegakkan.

"Kalau PSBB itu susah, saya sudah sampaikan, benteng terakhir itu kita siapkan ini, tapi garda terdepan adalah disiplin masyarakat untuk protokol covid-19," benernya.

Namun ia menyebut ada sisi positif dimana masyarakat Kota Malang yang telah terindikasi atau bergejala Covid-19, memiliki kesadaran untuk melakukan swab mandiri dan isolasi mandiri langsung. "Kesadaran masyarakat sudah mulai, jadi ketika dia bergejala, dia langsung swab, jadi swab mandiri," tukasnya.

Sebagai informasi, dalam lima hari terakhir sejak 9 Desember - 13 Desember 2020 terdapat penambahan 284 pasien positif Covid-19.

Bahkan penambahan pasien positif Covid-19 terakhir pada Minggu 13 Desember 2020 mencapai 124 kasus dalam seharinya, sedangkan pada Senin 14 Desember 2020 terdapat tambahan hingga 97 pasien.

Dari jumlah tersebut 17 pasien positif COVID-19 meninggal dunia sejak enam hari terakhir. Dimana ada 189 tambahan pasien yang dalam pemantauan, hingga Senin petang ini. (Ris) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Langkah Wali Kota Malang Cegah Penambahan Pasien Covid-19 yang Kian Meningkat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT