Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

Layanan Tatap Muka Disdukcapil Kabupaten Malang Ditiadakan Selama PPKM Darurat

profile
Senopati

13 Juli 2021 19:08

110 dilihat
Layanan Tatap Muka Disdukcapil Kabupaten Malang Ditiadakan Selama PPKM Darurat
Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang, Sirath Aziez

MALANG - Di masa pemberlakuan PPKM darurat di Kabupaten Malang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil meniadakan tatap muka berganti sistem online namun tetap memaksimalkan pelayanannya. 

Menurut Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang,  pelayanan Adminduk di kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang tetap di maksimalkan walaupun menggunakan sistem online.

"Di masa pandemi dan pemberlakuan PPKM darurat di Kabupaten Malang, pelayanan tatap muka di tiadakan untuk sementara waktu yang di ganti sistem online, dimana warga masyarakat Kabupaten Malang tetap bisa mengurus Adminduk namun kami berusaha tetap memaksimalkan layanan online tersebut," kata Sirath Aziez di kantornya, Selasa siang (13/7/2021).

Aziez melanjutkan, pihaknya tidak ingin pelayanan di Dispendukcapil Malang menggunakan pola tatap muka.

"Kalau pola pelayanan tatap muka tetap di lakukan pada masa pandemi ini akan berdampak pada kerumunan yang akan mengakibatkan peningkatan penyebaran covid 19. Namun begitu walaupun layanan berbasis online tiap hari di database kita, layanan yang selesai tiap hari berjumlah 1.500 sampai 2.000 data layanan yang hampir sama jumlahnya sama saat layanan pola tatap muka," jelas Aziez. 

Untuk layanan perekaman foto, layanan tetap menggunakan pola tatap muka baik di kantor Dispendukcapil maupun di kantor Kecamatan.

"Layanan perekaman foto, kami tetap mamakai pola tatap muka, namun tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, agar supaya tidak menimbulkan klaster klaster baru dalam penyebaran covid 19 ini," beber dia. 

Dalam pemberlakuan PPKM darurat ini, Dispendukcapil sesuai Surat Edaran Kemendagri menerapkan Work From Home (WFH) 50 persen dan Work From Office (WFO) 50 persen. 

"Dalam SE Kemendagri, bahwa perkantoran yang berhubungan dengan pelayanan tetap memberlakukan sistem WFH dan WFO separuh dari jumlah total staff bagian layanan, jadi dengan begitu jarak antara petugas telah memenuhi standar Prokes," pungkasnya. (nes) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Layanan Tatap Muka Disdukcapil Kabupaten Malang Ditiadakan Selama PPKM Darurat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT