Minggu, 23 Januari 2022
Pemerintahan

Lelang Hotmix Pegantenan-Bujur Barat Ditawar Tak Wajar

profile
Faisol

25 Agustus 2021 15:51

84 dilihat
Lelang Hotmix Pegantenan-Bujur Barat Ditawar Tak Wajar

PAMEKASAN - Proses lelang proyek pembangunan jalan di Pegantenan - Bujur Barat Pamekasan ditengarai tak wajar. Pasalnya, proyek senilai Rp 35.266.341.126 ditawar terlalu rendah dari pagu anggaran.

Berdasarkan data yang dihimpun Suara Jatim Post, penawaran yang dilakukan rekanan turun hingga 35 persen. Terjun bebas penawaran itu dikhawatirkan akan mempengaruhi terhadap kualitas proyek.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pamekasan Cahya Wibawa membenarkan adanya penawaran tidak wajar yang dilakukan pihak rekanan.

Akan tetapi, kata dia, sebelum ditentukan pemenang tander, tim kelompok kerja (Pokja) akan mengevaluasi tawaran yang dilakukan pihak kontraktor.

"Soal penawaran itu sudah kewenangan Pokja. Itu memang ada mekanismenya, jadi berapapun (penawaran bisa) masuk. Tapi ada evaluasi nanti, baik evaluasi administrasi dan kewajaran harga," katanya.

Artinya, sambung Cahya, jika penawaran yang diajukan rekanan tidak wajar maka dengan sendirinya dinyatakan gugur.

"Makanya nanti dilihat dulu. Jadi nilai yang turun itu ada hitungannya dan ditentukan oleh Pokja. Dengan menawar segitu wajar atau tidak, kan begitu. Ada cara penilainnya sendiri," terangnya.

Diketahui, penawaran yang tertera di LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Pamekasan terdapat 11 rekanan yang masih bertahan.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lelang Hotmix Pegantenan-Bujur Barat Ditawar Tak Wajar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT