Kamis, 27 Januari 2022
Kriminal

Lima Pengedar Sabu di Mojokerto Raya Dibekuk Polisi

profile
Andy

23 April 2021 12:37

292 dilihat
Lima Pengedar Sabu di Mojokerto Raya Dibekuk Polisi
Ilustrasi penangkapan pengedar sabu (istimewa)

KOTA MOJOKERTO - Lima orang pengedar narkotika jenis sabu yang beroperasi di Mojokerto berhasil diringkus polisi. Kelimanya diringkus oleh instansi kepolisian berbeda, yakni Polresta Mojokerto dan Polres Mojokerto.

Polres Mojokerto mengamankan tiga orang yakni Mochamad Afifudin (22) warga Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Deka Prana Pranula (23) warga Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, dan Agung Andik Irawan (31) warga Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, diamankan pada Sabtu 17 April 2021 lalu. 

Ketiganya diamankan Satnarkoba Polresta Mojokerto atas pengembangan kasus yang menjerat tersangka lainnya yang lebih dulu diamankan, Firman Cahya Utama dan Achmad Jaelani.

Firman dan Achmad sebelumnya telah diamankan di Jalan Tunggul Sari Dusun Daleman, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jumat (16/04/2021).

β€œSaat pelaku Firman diinterogasi, dirinya mengaku mendapat barang haram tersebut dari pelaku Afifudin. Petugas kemudian melakukan pengejaran, dan mendapati satu klip plastik berisi sabu seberat 0,40 gram dari pelaku Afifudin,” ujar Kassubag Humas Polresta Mojokerto Ipda MK. Umam.

Mochamad Afifudin diringkus di warung makan Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto bersama dengan tersangka Deka. Sejauh ini peran Deka dan Agung adalah kurir narkoba. Mereka membagi tugas dan peran masing-masing.

Dua Pengedar Diringkus Polresta Mojokerto

Sementara di wilayah hukum Polresta Mojokerto polisi juga mengamankan dia pengedar sabu yakni Sumaji alias Korak (51) warga Dusun Trenggumung, Desa Tambakagung, Kecamatan Puri dan Hariadi Boy (56) warga Dusun Pasinan, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Kasatnarkoba Polresta Mojokerto, AKP Singgih menyatakan, kedua orang ini menjadi target operasi yang masih satu kelompok. Dimana keduanya diamankan di tempat berbeda berdasarkan pengembangan dari transaksi narkotika yang menjerat Sumaji sebelumnya.

"Dari hasil pengembangan pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas terhadap tersangka Sumaji, akhirnya petugas kembali berhasil meringkus tersangka Hariadi Boy yang diduga kuat sebagai pemasoknya," ungkapnya.

Dari tangan kedua tersangka polisi berhasil mengamankan,  1 klip plastik berisi sabu seberat 0,48 gram yang disimpannya dalam saku Sunaji, dua pipet kaca berisi sabu seberat masing - masing 1,25 gram dan 1,87 gram, dan sejumlah handphone.

Kelima orang tersangka pengedar narkotika ini pun telah resmi ditahan dan dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) sub 112 ayat (1) sub 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Undang - Undang Narkotika, dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara. 
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lima Pengedar Sabu di Mojokerto Raya Dibekuk Polisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT