Rabu, 19 Januari 2022
Pendidikan

LPM UIN Malang Gencar Lakukan Audit Mutu Internal Prodi

profile
Krisda

15 Oktober 2021 22:20

56 dilihat
LPM UIN Malang Gencar Lakukan Audit Mutu Internal Prodi

Kota Malang - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Malang beberapa hari terakhir ini gencar adakan Audit Mutu Internal (AMI) salah satunya yakni Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syari’ah yang baru saja di audit pada hari Kamis (14/10/21).

Audit yang diadakan di ruang meeting Lt. 1, Gedung Megawati Soekarnoputri Fakultas Ekonomi ini bertujuan untuk melihat kesesuaian antara pelaksanaan program dengan perencanaan kegiatan yang telah dibuat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melalui protokol kesehatan (prokes) ketat dan dihadiri oleh para pimpinan Fakultas Ekonomi, Tim Auditor serta team Percepatan Akreditasi Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syari’ah. 

3367_auditor.jpg

Prof. Dr. H. Nur Asnawi, selaku Ketua Program studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah bersama timnya menjelaskan terkait kurikulum yang berlaku di prodi tersebut, seperti Rencana Pembelajaran Semester (RPS) hingga kegiatan para mahasiswa. Penjelasan tersebut dinilai, dicermati, dan dilakukan verifikasi langsung oleh Tim Auditor yang diketuai oleh Ibu Rizkie Amelia, M. Pd.

Menurut Prof. Asnawi, kegiatan Audit seperti ini harus terus dilakukan untuk memperbaiki tata kelola yang masih kurang tepat, bahkan belum sesuai standart. Oleh karena itu, perlu adanya Tim auditor untuk dapat melihat celah yang ada, ruang kosong yang perlu diisi, hingga sejalan dengan standart operating procedure (SOP) yang sudah ditentukan . 

"Ya, dengan dilakukan audit secara internal seperti ini kita akan lebih tau sesuatu yang kurang, yang harus diisi, sebagai langkah untuk terus berbenah (continuous improvement)", terangnya.

Meski Prodi S-3 Ekonomi Syari’ah baru diresmikan 06 Januari 2021 dan bisa dibilang baru namun program studi ini memiliki peminat cukup tinggi, mulai dari mereka yang masih fresh graduate, pengusaha, tenaga pendidik, bahkan sampai para birokrat. 

Adapun kompetensi keilmuan yang diharapkan setelah lulus mereka bisa menjadi seorang akademisi, researcher atau peneliti, dewan pengawas shari’ah, maupun entrepreneur.

Tags
Anda Sedang Membaca:

LPM UIN Malang Gencar Lakukan Audit Mutu Internal Prodi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT