Rabu, 26 Januari 2022
Pendidikan

Mahasiswa Jurusan Fisika UIN Malang Raih Juara 3 Bidang Nanoteknologi pada OASE 2021

profile
Krisda

01 Desember 2021 15:48

48 dilihat
Mahasiswa Jurusan Fisika UIN Malang Raih Juara 3 Bidang Nanoteknologi pada OASE 2021

Kota Malang - Universitas Islam Negeri (UIN) Malang kembali torehkan prestasi membanggakan, Pasalnya ada dua tim dari Jurusan Fisika UIN Malang yang berhasil masuk babak final Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) 2021. 

Kedua tim dari Jurusan Fisika UIN Malang yang berhasil masuk final yakni tim karya inovasi mitigasi bencana yang diketuai oleh Yahya Efendi dan tim karya inovasi nanoteknologi dan produk kesehatan yang diketuai oleh David Lee Giant Axala.

Lebih bangga lagi, Tim karya inovasi nanoteknologi dan produk kesehatan dengan judul “Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa dalam Pembuatan Nanokomposit rGO-TiO2 sebagai Fotokatalis dengan Bantuan Gelombang Mikro” berhasil meraih juara 3 dari total 10 tim yang lolos ke babak final yang berasal dari berbagai kampus lain. Anggota dari tim nanoteknologi ini terdiri dari 3 mahasiswa yaitu David Lee Giant Axala, Alfu Nur Laila, dan Atika Yuni yang dibimbing oleh Utiyah Hikmah M.Si.

"Berbekal kerja keras, usaha dan doa dari semua pihak yang terkait, meraih peringkat ke-3 merupakan suatu kebanggaan dan keberhasilan bagi kami yang kedepannya kami harapkan lebih banyak lagi mahasiswa fisika yang dapat meraih prestasi di berbagai bidang,” Ucap Atika Yuni selaku tim karya inovasi nanoteknologi. 

Dr Imam Tazi sebagai kaprodi fisika juga menyampaikan bahwa prestasi ini merupakan kebanggaan bagi jurusan maupun fakultas sains dan teknologi. Lomba ini diikuti oleh semua jurusan yang ada fakultas sains dan teknik seluruh PTKI. Jadi tingkat persaingan memang sangat ketat sekali. Seleksi nya dilakukan bertingkat seperti seleksi tingkat universitas, seleksi penyisihan tingkat nasional, dan yang terakhir Final diambil 10 besar yang diselenggarakan di Aceh. 

Imam juga mengatakan bahwa untuk memotivasi mahasiswa, jika mereka mampu mendapatkan juara di OASE PTKI 2021 mereka akan diberi hadiah oleh jurusan, fakultas hingga universitas.

"Dari awal kaprodi telah memberikan motivasi kepada mahasiswa, yaitu jika mendapatkan juara maka aka nada hadiah dari Jurusan dan InsyaAllah hadiah dari Fakultas dan Universitas juga akan ada," tungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, Oase PTKI merupakan ajang kompetisi mahasiswa bidang akademik yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI bersama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Pelaksanaanya sendiri bertempat di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang dimulai tanggal 23-29 oktober dan babak final 25-28 November 2021.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mahasiswa Jurusan Fisika UIN Malang Raih Juara 3 Bidang Nanoteknologi pada OASE 2021

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT