Sabtu, 29 Januari 2022
Komunitas

Malam Grand Final Musik Tradisional Daol Combodug di Sampang, Ini Daftar Juaranya

profile
CAK

31 Mei 2021 12:34

189 dilihat
Malam Grand Final Musik Tradisional Daol Combodug di Sampang, Ini Daftar Juaranya
Saat malam grand final secara virtual

SAMPANG,- Bayak cara yang di lakukan oleh pecinta musik di Kabupaten Sampang dengan mengadakan kegiatan musik tradisional Daol Combodug se Madura yang diikuti oleh 18 peserta dari berbagi daerah, 9 peserta dari daol combo dan 9 peserta daol dug-dug. 

Selain dari Kabupaten Sampang sendiri, festival lomba daol Combodug itu juga diikuti oleh daerah lainnya seperti peserta dari Kabupaten Pamekasan dan Sumenep.

Pantuansuarajatimpost, kegiatan ini di laksanakan secara virtual, pertama denga melalui penyetoran video ke panitia untuk dilakukan proses penilaian terhadap para peserta sejak tanggal 18 sampai 21 Mei 2021.

Dari hasil penilaian tersebut akhirnya ditentukan 6 besar untuk menuju ke grand final dengan rincian dari kategori daol combo diambil 3 peserta dan dari daol dug dug juga 3 peserta.

Sedangkan malam grand final itu sendiri mengambil tempat di Pendopo Wakil Bupati Sampang, Trunojoyo Kabupaten Sampang, Minggu malam tanggal (30/05/2021).

Sementara ketua penitian Heriy Harianto, menyampaikan bahwa dalam rangka untuk melestarikan budaya musik tradisional yang merupakan kebanggaan khususnya warga Sampang dan masyarakat Madura pada umumnya, Komonitas pemerhati musik tradisional(KPMT) Sampang yang bekerjasama dengan Dinas Kominfo, Disporabudpar, Kafe Ken Karo, Kapra Grup, LSM JCW, PWI Sampang dan jenderal Project Chenel YouTube.

โ€œHal ini agar tetap berjalan kegiatan lomba daol combo dan daol dug dug walaupun masa pandimi covid 19 maka kami penitia mengadakan secara virtual," Ucapnya

Dikatakanya, Adanya kegiatan ini awalnya rekan-rekan panitia datang kepada kami dengan maksud ingin mengadakan lomba daol combo dan dug dug dengan cara parade seperti yang diadakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun pada saat itu kami sampaikan bahwa di masa-masa pandemi ini maka kita selaku dinas  akan mendukung jika dilakukan secara virtual.

โ€œSelain itu kami sampaikan kalau anggaran untuk kegiatan daol Combodug ini dihapus atau terkena reforcusing, oleh sebab itu kami dari Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sampang mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Sampang karena kegiatan tersebut dilakukan secara virtual dengan tujuan untuk menghindari kerumunan dan penyebaran Chovid-19", Ucapnya Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata ( Disporabudpar) Kab. Sampang H. Marnilem, S.Pd, Minggu (30/05/2021).

Bupati dalam sambutanya

Sementara itu Bupati Sampang H Slamet Junaidi sagat mendukung dengan acara ini karena ini merupakan kegiatan tahunan bagi rakyat Sampang setalah lebaran.

โ€œDengan antusiasme masyarakat Sampang terhadap hiburan yang menjadi tradisi atau bisa di bilang aikon bagi kota Sampang dan ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat di kabupaten ini, dan saya berharab mudah - mudahan di tahun depan pandemi covid-19 segera berakhir, agar bisa acara lomba ini bisa di laksanakan seperti tahun-tahun yang sebelumnya, ungkap Bupati H Slamet Junaidi dalam sambutan di depan para peserta lomba,โ€ pungkasnya.

Perlu diketahui Gren final daul duk-duk dan daul combo yang di selenggarakan secara virtual di pendopo wabub minggu malam, di menangkan oleh juara katagori Daol Combo adalah untuk juara harapan 2 'Putra Garuda, juara harapan 1 'Putra Kamboja', juara 3 'Putra Plakaran', juara 2 'Kor Bukor' dan juara 1 'Adela', sedangkan katagori Daol Dug dug juaranya antara lain, harapan 2 'Luchita Percution, harapan 1 'Putra Branjangan', juara 3 'Ikamaru', juara 2 'Dharma Langit' dan juara 1 'Terak Bulen'.

Sedangkan juara favorit Daol Combo yaitu Putra Glisgis dan juara favorit Daol Dug dug dimenangkan oleh Ikamaru.

Untuk juara disiplin Protokol Kesehatan diraih oleh 'Putra Branjangan.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Malam Grand Final Musik Tradisional Daol Combodug di Sampang, Ini Daftar Juaranya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT