Rabu, 19 Januari 2022
Kriminal

Maling Mesin Perahu di Kabupaten Jember Tertangkap Warga, Wajahnya Mengenaskan

profile
Rochul

27 Mei 2021 11:56

1.9k dilihat
Maling Mesin Perahu di Kabupaten Jember Tertangkap Warga, Wajahnya Mengenaskan
Pelaku Saat Dikepung Massa Setelah Mencuri Diesel Milik Warga Kecamatan Puger Jember.

JEMBER - Luki Januar Arisandi warga Dusun Sono Keling, Desa Wringintelu, Kecamatan Puger. Hampir menjadi korban amuk massa.

Pria berumur 34 tahun itu membuat warga Desa Puger Kulon marah lantaran kepergok mencuri mesin kapal milik warga pada Rabu, (26/5) Malam. 

Amukan massa itu, dipicu karena kejadian serupa sudah pernah terjadi 3 kali sebelumnya di wilayah setempat. Beruntung pelaku masih bisa diselamatkan oleh warga di salah satu rumah.

Namun karena massa yang beringas, motor mio warna merah (plat tidak diketahui karena bekas terbakar dan gosong), milik pelaku ganti menjadi sasaran. Motor yang ditinggalkan dan terjatuh di sungai itu dibakar karena massa yang sangat geram.

Menurut salah seorang warga Suparman, aksi beringas massa warga Desa Puger Kulon itu karena geram dengan kejadian pencurian yang sering terjadi.

"Kejadiannya waktu adzan magrib, (pelaku mendatangi) ke saya tanya genset (mesin diesel perahu) di gudang, (padahal) di sana tidak ada warga dan jauh (dari) rumah (pemukiman warga)," kata pria yang juga kakak korban yang mesin perahunya dicuri.

Karena curiga, lanjut Suparman, dirinya mengikuti pelaku. Kemudian mengawasi gerak geriknya. Yang kemudian tiba-tiba memarkir motornya di pinggiran sungai.

Diketahui oleh Suparman, lokasi parkir motor milik pelaku tidak jauh dari tempat bersandarnya perahu-perahu nelayan setempat.

Setelah ditunggu, lanjutnya, pelaku tiba-tiba menuju motornya sembari membawa mesin perahu. Yang belakangan diketahui Suparman milik adiknya tersebut.

"Dia kaget saat melihat saya, kemudian menjatuhkan sepedanya di jalan dekat dengan diesel genset (mesin perahu) adik saya. Karena saya curiga, saya (menuju perahu) ngecek ternyata benar, diesel (mesin perahu) adik saya di perahunya sudah hilang, akhirnya pelaku saya kejar dan berhasil ditangkap itu,” ujar Suparman.

Suparman juga mengatakan, saat dirinya mengejar pelaku, ia juga meneriaki maling. Sehingga banyak warga yang mendengar dan ikut membantu menangkapnya saat itu.

Namun karena warga beringas dengan jumlah massa yang banyak. Suparman dibantu beberapa orang tetangganya mengamankan pelaku di salah satu rumah warga.

Kemudian karena massa beringas, motor milik pelaku jadi sasaran dan dibakar. "Karena ada dipinggir sungai dan ditinggal kabur maling ini," ucapnya.

Suparman menambahkan, dirinya menduga massa warga setempat beringas. Karena kejadian serupa soal pencurian terjadi beberapa kali di wilayah tersebut.

"Kejadian serupa ketiga kalinya ini, tiga hari yang lalu ada hilang aki 2 dan genset (mesin perahu milik adiknya) sekarang. Tadi sempat banyak massa dan berkerumun, tapi tidak ada amuk massa. Hanya berdatangan untuk melihat malingnya," kata Suparman.

Anggota Mapolsek Puger yang mendengar adanya penangkapan maling mesin perahu. Langsung mendatangi lokasi kejadian.

Namun karena banyak massa dan berkerumun, Mapolsek Puger meminta bantuan personel dari Mapolres Jember untuk mengamankan pelaku.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Puger AKP Ribut Budiyono.

β€œBenar tadi ada penangkapan pelaku pencurian diesel di gudang tulang Dusun Gumukrejo Puger Kulon, pelaku dengan nama Luki Januar Arisandi warga Wringintelu,” kata Ribut saat dikonfirmasi terpisah.

Terkait bantuan personel dari Mapolres Jember, lanjutnya, untuk mengevakuasi pelaku yang hampir menjadi amuk massa. 

"Karena terlalu banyak warga, kita koordinasi dengan Tim Alap-Alap (SatSabhara Polres Jember), Resmob dan Satintelkam untuk (pelaku) dibawa ke Mapolsek dan selanjutnya dibawa ke Mapolres Jember demi keamanan," ujarnya.

Pada saat pelaku dibawa keluar dari rumah warga, sempat beberapa kali warga berusaha menghakimi pelaku meski dikawal oleh anggota kepolisian polres Jember.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Maling Mesin Perahu di Kabupaten Jember Tertangkap Warga, Wajahnya Mengenaskan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT