Selasa, 25 Januari 2022
Hukum

Mantan Kades Sitiaji Dijebloskan ke Bui Usai Korupsi Ratusan Juta

profile
Mustakim

02 Maret 2021 21:18

363 dilihat
Mantan Kades Sitiaji Dijebloskan ke Bui Usai Korupsi Ratusan Juta
Mantan Kades Sitiaji saat ditahan ke Lapas Bojonegoro

BOJONEGORO - Mantan Kepala Desa Sitiaji Kecamatan Sukosewu malam ini ditetapkan sebagai tersangka.  Mantan kades ini ditetapkan sebagai tersangka usai terbukti melakukan korupsi kurang lebih Rp 644 juta lebih dari Anggaran Dana Desa (ADD) dan Bantuan Keuangan Desa pada anggaran 2019.

Tersangka berinisial IM ini pun selanjutnya dijebloskan ke Lapas Bojonegoro pada Selasa malam (2/3/2021).  Dengan menggunakan rompi tahanan IM dikeler menuju mobil tahanan sebelum akhirnya dibawa ke Lapas Bojonegoro.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro Sutikno mengatakan, IM diduga telah merugikan negara kurang lebih Rp 644 juta lebih, dalam anggaran 2019. Hal tersebut berdasarkan audit oleh tim auditor. Hal ini yang menjadikan IM yang sebelumnya saksi ditetapkan sebagai tersangka.

"Sumber anggaran, ada yang dari Dana Desa, ada yang dari bantuan desa, dan dari keterangan beberapa saksi mengarah pada tersangka"jelasnya.

Sutikno menjelaskan bila modus operandi IM yakni dengan cara memfikfifkan proyek desa yang ada. Selain itu, ada proyek pengerjaan di desa yang sengaja anggarannya digelembungkan dalam Surat Pertanggungjawabannya (SPJ) berdasarkan pengakuan 32 saksi yang seluruhnya mengarah ke IM, sebagai pelaku.

"Untuk perkembangan tersangka yang lainya, kita tunggu perkembangan selanjutnya, dan fakta - fakta dipersidangan. Dari BPD, tim pelaksana, pendamping desa, pihak kecamatan, sampai Inspektorat telah kita periksa semua," tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan ini diketahui, tersangka IM memang terbukti melakukan penyelewengan dana desa sebesar Rp 644 juta lebih. 

"Tersangka diancam pidana penjara kurang lebih maksimal 20 tahun. Dan dikenakan Pasal 2 atau 3 dari Undang - Undang nomor 31 tahun 1999 yang disempurnakan di Undang - Undang Tindak Pidana Korupsi Nomor 20 tahun 2001," tutupnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mantan Kades Sitiaji Dijebloskan ke Bui Usai Korupsi Ratusan Juta

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT