Rabu, 19 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Masjid di Jember Ditempelkan Banner Bertulis “Hanya Untuk Sholat Tidak untuk Jum'atan”

profile
Rochul

05 Februari 2021 15:22

266 dilihat
Masjid di Jember Ditempelkan Banner Bertulis “Hanya Untuk Sholat Tidak untuk Jum'atan”
Tulisan Penyegelan Masjid Oleh Yayasan Roudathul Muchlisin Timur Jember.

JEMBER - Warga Condro Kaliwates, Kabupaten Jember dibuat kaget atas penyegelan masjid setempat yang biasa dibuat menjalankan ibadah Jum'at oleh pihak yayasan Roudathul Muchlisin Timur. Jum'at, (5/2/21).

Penyegelan ini dilakukan oleh yayasan Roudathul Muchlisin Timur, sehingga membuat warga sekitar lingkungan masjid menolak atas disegelnya masjid.

Pihak yayasan membuat Banner Himbauan berukuran besar dipasang agar masyarakat yang hendak melakukan ibadah sholat Jum'at dilakukan di Masjid Raudlatul Muchlisin II Krajan Barat tidak di Roudhatul Muchlisin Timur, karena di masjid Raudhatul Muchlisin Krajan Timur hanya untuk sholat ibadah 5 waktu.

Menurut Sucipto, warga setempat menyampaikan, sebenarnya permasalahan ini sudah di musyarawahkan, akan tetapi pihak yayasan secara sepihak menyegel masjid tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada warga.

"Awalnya ini sudah kami musyarawah kan dengan pihak yayasan mas, tetapi takmir masjid Barat (Raudathul Muchlisin.red) tidak menyetujui untuk masjid ini dilakukan sholat jum'at mas," ujarnya.

Menurutnya, penyegalan masjid tersebut, menyalahi apa yang disepakati sewaktu bermusyawarah di kemenag jember karena menunggu akan keputusan kemenag yang di saksikan oleh pihak terkait beserta Forum RT/ RW setempat.

"Ini tidak adanya keputusan dari kemenag, kok pihak yayasan sampai penyegelan seperti ini, akhirnya warga bersama pihak terkiat mencari solusi di rumah Gus firj'aun," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Kaliwates Kompol Edy Sudarto menuturkan bahwa, Muspika Kecamatan Kaliwates akan segera mengumpulkan pihak yayasan untuk dimediasi, agar menemukan solusi bersama.

"Kami muspika kecamatan kaliwates, dengan adanya persoalan yang di yayasan Raudhatul Muchlisin, kami juga sudah mengambil langkah-langkah, segera dikumpulkan bersama, kemudian di mediasi," ucapnya.

Tak hanya itu, Dirinya juga akan mengundang para tokoh agama, baik dari MUI maupun dari NU sendiri, agar dikeluarkan fatwa dari persoalan yang sedang terjadi ini.

"kita juga akan undang tokoh agama yang sepuh, kemudian dari MUI kita hadirkan, ketua NU juga kita hadirkan supaya disitu ada fatwa secara Fiqih karena kepolisian disini hanya penggerak khamtimbnas yang intinya kepolisian menjaga supaya kedua pihak ini tidak sampai melakukan anarkis," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Masjid di Jember Ditempelkan Banner Bertulis “Hanya Untuk Sholat Tidak untuk Jum'atan”

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT