Rabu, 26 Januari 2022
Ekonomi

Masuk Mall di Banyuwangi Wajib Vaksin, Berikut Penjelasan Diskopumdag

profile
Ikhwan

13 Agustus 2021 12:18

208 dilihat
Masuk Mall di Banyuwangi Wajib Vaksin, Berikut Penjelasan Diskopumdag

BANYUWANGI - Sebuah video amatir yang menampilkan keharusan menunjukkan kartu vaksin saat memasuki mall viral di Banyuwangi. Video berdurasi 25 detik tersebut diunggah oleh akun Instagram @Bwi24jamm dan menjadi perbincangan hangat dari kalangan netizen.

Dalam caption video itu disebutkan bila kejadian tersebut terjadi di salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi.

"Jadi bila ingin kesini, mau berbelanja mulai besok diwajibkan membawa kartu vaksin. Jadi kami mohon maaf bila tidak bisa menunjukkan bukti vaksin tidak diperbolehkan memasuki toko," ujar salah satu petugas dalam video tersebut.

Sejak diupload pada Kamis (12/8/2021) video tersebut dibanjiri ratusan komentar. Dengan beragam komentar yang terlontar dari netizen.

"Indonesia rakyate atusan juta, sing ke vaksin iseh 50 jt'an wong. Wes pede nggawe aturan ngene iki. Lucu sekali," komen salah satu netizen, dengan nama akun @tinzarakbar.

"Arep mlebu mall ae kyk daftar loker ae ndadak enek kon nggowo kartu," komen akun @nando.yourbae

Sementara Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan ( Kabupaten Banyuwangi RR. Nanin Oktaviantie membenarkan adanya aturan wajib menunjukkan vaksinasi saat memasuki pusat perbelanjaan di Banyuwangi.

Sejak dibukanya pusat perbelanjaan beberapa hari lalu Tim satgas Kabupaten Banyuwangi mengeluarkan surat edaran  Nomor: 054/SE/STPC/2021Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Banyuwangi.

"Dan kami tindak-lanjuti dengan surat Diskopumdag kepada beberapa pusat perbelanjaan yg menyerupai Mall dalam operasionalnya," katanya.

Dalam surat tersebut, masih Nanin, salah satu diantaranya tidak mengijinkan pengunjung/pembeli masuk ke pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan/toko modern yang belum mengikuti vaksin. Pembatasan kapasitas pengunjung 50 persen untuk swalayan dan 25 persen untuk pusat perbelanjaan atau mall.

"Untuk Kabupaten Banyuwangi, terkait hal diatas baik pengelola mall, karyawan dan pengunjung yang masuk area mall diharapkan sudah mengikuti vaksin minimal  tahap I. Selain itu juga Penduduk dengan usia dibawah 12 (dua belas) tahun dan diatas 70 (tujuh puluh) tahun dilarang memasuki pusat  perbelanjaan," ujarnya.

Pengaturan ulang pembatasan kegiatan masyarakat akan ditinjau  kembali pada tanggal 17 Agustus 2021. Nanin menghimbau agar masyarakat bersabar dan mentaati setiap aturan guna memerangi pandemi Covid-19 ini.

"Pemerintah kabupaten Banyuwangi berharap masyarakat Banyuwangi taat dengan prokes yang sudah disosialisasikan dan mematuhi ketentuan yg diberlakukan pemerintah. Meskipun hal ini sangat berat dilakukan, tetapi apa yg diberlakukan oleh pemerintah adalah untuk keselamatan masyarakat semuanya," pungkasnya.

"Pemerintah Banyuwangi juga berupaya sangat keras untuk melakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat Banyuwangi dengan harapan masyarakat bisa terhindar dari pandemi covid 19," imbuhnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Masuk Mall di Banyuwangi Wajib Vaksin, Berikut Penjelasan Diskopumdag

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT