Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Masuk Trenggalek Bersiap Dites Rapid Antigen

profile
Admin

24 Desember 2020 15:40

95 dilihat
Masuk Trenggalek Bersiap Dites Rapid Antigen
Bupati Trenggalek saat meninjau pelaksanaan rapid test antigen di Baruharjo

TRENGGALEK – Jajaran Forkopimda Trenggalek meninjau langsung operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Pemberlakuan operasi yustisi ini juga diiringi rapid test antigen yang digelar di pintu masuk Kabupaten Trenggalek tepatnya di Jalan raya Trenggalek-Tulungagung masuk Desa Baruharjo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, Kamis, (24/12/2020).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring menuturkan, pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 melalui operasi yustisi dan rapid test antigen tersebut.

"Kita dukung langkah penegakkan operasi yustisi diiringi rapid test antigen ini," ucap Doni. 

Menurutnya, angka terkonfirmasi Covid-19 yang masih terus bertambah harus direspon cepat dan segera diambil tindakan, agar penyebaran tidak semakin meluas. Salah satunya dengan langkah Rapid Test Antigen yang dilakukan dengan skala prioritas bagi warga yang berasal dari luar Kabupaten Trenggalek yang memiliki niat atau tujuan untuk bermalam di Trenggalek.

“Selama ini kegiatan penertiban maupun operasi yustisi sudah rutin dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek bersama dengan Kodim 0806 Trenggalek, namun dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru 2021 akan disertai dengan Rapid Test Antigen untuk mendeteksi dan mencegah kluster baru di Trenggalek," ujar AKBP Doni.

Masih kata AKBP Doni, saat ini Polres Trenggalek tengah menggelar operasi lilin semeru 2020 dan sudah mendirikan pos pengamanan. Selain itu pihaknya juga menempatkan personel di tempat-tempat strategis, maupun objek wisata.

Hal itu bertujuan untuk menyosialisasikan protokol kesehatan, sekaligus mendukung upaya penertiban operasi yustisi. 

“Untuk pemberlakuan jam malam sementara ini tidak ada, tetapi kita tetap antisipasi dengan pembatasan di tempat-tempat tertentu yang berpotensi terjadinya kerumunan," imbuhnya

Doni menegaskan bahwa saat ini Kapolri telah menerbitkan Maklumat nomor: Mak/ 4 /XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, tanggal 23 Desember 2020.

Adapun isi dari maklumat tersebut antara lain untuk tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah, pesta/perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan, pawai dan karnaval dan pesta penyalaan kembang api.

“Mari bersama kita patuhi maklumat ini dengan penuh kesadaran untuk Trenggalek bebas dari Covid-19," tukasnya. (Tatang)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Masuk Trenggalek Bersiap Dites Rapid Antigen

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT