Minggu, 23 Januari 2022
Ekonomi

Masyarakat Berpenghasilan Rendah Jadi Fokus Perumdam Among Tirto

profile
Admin

28 Desember 2020 07:44

136 dilihat
Masyarakat Berpenghasilan Rendah Jadi Fokus Perumdam Among Tirto
Direktur Perumdam Among Tirto Batu

KOTA BATU — Masyarakat dengan berpenghasilan rendah, menjadi target pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto, Kota Batu di tahun 2021. Setidaknya sebanyak 1.200 pelanggan baru ditargetkan harus terlayani.

 

Direktur Utama Perumdam Among Tirto Eddy Sunaedi mengatakan ada empat titik yang akan diprioritaskan pelanggan baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Keempat daerah itu adalah masyarakat yang tinggal di Desa Oro-oro Ombo, Pesanggrahan, Kelurahan Sisir dan Ngaglik.

 

"Planing kita harus mampu menambah 1200-an pelanggan. Segera kita lakukan pendataan calon pelanggan yang kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sedang dikerjakan,” ungkap Eddy pada Senin (28/12/2020).

 

Ditambahkan Eddy, kategori masyarakat yang berpenghasilan rendah mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10/PRT/M/2019 tentang Kriteria Masyarakat Berpenghasilan Rendah dan Persyaratan Kemudahan Perolehan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

 

“Di PUPR itu sudah ada tupoksinya. Antara lain, listrik tidak lebih dari 130 watt. Tidak boleh ASN, rumahnya tidak boleh bertingkat, dan tidak boleh ada mobil,” ungkapnya.

 

Angka proyeksi pelanggan baru Perumdam Among Tirto pada 2021 ini, lanjut Eddy, lebih tinggi dibanding 2020. "Kalau tahun 2020, kami menargetkan sekitar 800-an pelanggan baru. Jumlah total pelanggan kami ada 15.700 orang saat ini. Jumlah itu lebih banyak dibanding 2019 yang merealisasikan 1500 pelanggan baru," jelasnya.

Eddy menambahkan, selama pandemi covid-19, konsumsi untuk sektor niaga dan pariwisata menurun. Sebaliknya, penggunaan air di sektor perumahan meningkat.


"Asumsi saya, meningkatnya penggunaan air dari sektor perumahan karena banyak warga yang beraktivitas dari rumah. 70 persen air di Kota Batu digunakan oleh rumah tangga. Selebihnya digunakan sektor niaga dan pariwisata," tukasnya. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Masyarakat Berpenghasilan Rendah Jadi Fokus Perumdam Among Tirto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT