Sabtu, 29 Januari 2022
Kesehatan

Masyarakat Diimbau Waspada Demam Berdarah Pada Musim Penghujan

profile
Krisna

19 November 2021 20:49

4.2k dilihat
Masyarakat Diimbau Waspada Demam Berdarah Pada Musim Penghujan
Nyamuk aedes aegypti (istimewa)

SIDOARJO - Mewaspadai penyakit demam berdarah (DBD) pada musim penghujan dengan intensitas tinggi seperti tahun ini, masyarakat diimbau agar lebih waspada.

Hal ini diungkapkan langsung oleh dr. Abdillah Al Hadad, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo meminta masyarakat harus waspada terhadap penyakit DBD yang kerap timbul saat adanya genangan air atau banjir.

Masyarakat harus menerapkan gaya hidup bersih, seperti menghindari adanya genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedis Aegypti, atau nyamuk demam berdarah.

"Kalau sudah sering hujan seperti ini, tempat tempat kubangan air, seperti kaleng dan sampah-sampah ini harus dibersihkan karena resiko adanya sarang nyamuk. Dan yang ditakutkan perkembangbiakan nyamuk Aedis Aegypti atau penyebab demam berdarah," kata Abdillah. Jumat (19/11/2021).

Selain menghimbau masyarakat, Abdillah juga mengintruksikan kepada jajarannya di tingkat kecamatan untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk sebagai sterilisasi terhadap lingkungan pemukiman penduduk.

"Untuk pemerintah sendiri melalui Dinkes, kami sudah memerintahkan seluruh Puskesmas diwilayahnya untuk mempromosikan pemberantasan nyamuk ke masyarakat," imbuhnya.

Tidak hanya itu, adanya banjir dan genangan air akibat hujan berkepanjangan juga dinilai berpotensi meningkatkan penyakit seperti disentri dan diare.

"Jagalah kebersihan lingkungan terutama adanya barang-barang bekas yang terkena hujan, seperti kaleng, tong dan ban bekas harus segera sibersihkan supaya tidak ada genangan air," tukasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Masyarakat Diimbau Waspada Demam Berdarah Pada Musim Penghujan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

1 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT