Rabu, 26 Januari 2022
Ekonomi

Melihat Produksi Gula Aren Tradisional di Desa Wisata Patemon Situbondo

profile
Admin

07 November 2020 17:39

474 dilihat
Melihat Produksi Gula Aren Tradisional di Desa Wisata Patemon Situbondo
Saat wisatawan diajak melihat pembuatan gula aren tradisional

SITUBONDO - Selain memiliki pemandangan alam yang indah dan situs sejarah Sarkofagus (Makam di Zaman Batu) serta yang terbentuk dari proses alam (Columnar Joint Formation), Desa Wisata Patemon, Kecamatan Bungatan, Situbondo, juga menyuguhkan ekologi wisata desa dengan produksi gula aren tradisional.

Industri pengolahan gula aren tradisional ini pun dipadukan menjadi salah satu daya pikat wisata di desa itu ke depan. 

Aini, selaku koordinator lapangan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember menjelaskan, kali ini pihaknya melakukan eksplor dengan menyuguhkan ekologi wisata desa dengan memperhatikan interaksi antar wisatawan.

"Desa Wisata ini sangat menarik dengan pembuatan gula aren yang masih tradisional. Para wisatawan yang berkunjung kesini, selain dapat melihat langsung proses pembuatannya, mereka juga bisa membeli produknya untuk oleh oleh,"jelas Aini, pada Sabtu (7/11/2020). 

Namun sayang, lanjut Aini, gula aren yang sangat eksklusif ini masih belum memiliki brand tersendiri dan pemasarannya masih terbatas di wilayah desa.

"Rasa yang sangat eksklusif dengan tidak adanya brand, membuat gula aren desa patemon ini bisa diklaim oleh pihak luar,"tuturnya.

Dari sinilah, sambung Aini, GenBI menggandeng Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Situbondo, serta Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Patemon, untuk memberikan materi pentingnya branding sebuah produk kepada pengelola, agar membentuk sebuah paguyuban melalui pelaku UMKM.

"Kami memberikan pemaparan materi cara registrasi, pembuatan hak paten dan branding sebuah produk tersebut diantaranya, packaging, labeling, branding marketing dan lain sebagainya," ucapnya.

Dia menambahkan, pihaknya berharap dengan pengelolaan melalui pelaku UMKM tersebut, nantinya akan melahirkan stabilitas harga produk gula aren padatan.

"Gula aren produksi desa patemon dapat melakukan ekspansi pasar hingga keluar desa dan juga luar Kabupaten Situbondo. Dan kami yakin dengan menguatnya pelaku UMKM, akan semakin kuat dan berkembang pula desa wisata Patemon ini,"pungkasnya. (Sarwo Edi)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Melihat Produksi Gula Aren Tradisional di Desa Wisata Patemon Situbondo

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT