Rabu, 19 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Menjelang HUT Kota Batu, Dewanti dan Punjul Ziarah ke Makam Leluhur

profile
Doi

15 Oktober 2021 19:20

114 dilihat
Menjelang HUT Kota Batu, Dewanti dan Punjul Ziarah ke Makam Leluhur
Dewanti dan Punjul saat berziarah di makam mantan Wali Kota Batu pertama Imam Kabul.

KOTA BATU – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Tahun Kota Batu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, bersama Wakil Wali Kota Punjul Santoso, ziarah ke makam leluhur Kota Batu, Jumat (15/10/2021).

Ziarah makam ini merupakan tradisi setiap tahun menjelang hari jadi Kota Batu dilaksanakan. Biasanya mulai dilakukan sejak H-2 sebelum tanggal 17 Oktober.

Ziarah diawali ke makam Wali Kota Batu pertama H. Imam Kabul di TPU Samaan, Malang, dan dilanjutkan ke makam Mbah Batu di Desa Bumiaji, makam Mbah Patok di Dusun Songgoriti dan makam Mbah Mayangsari di Desa Pesanggrahan.

"Beliau semuanya memiliki jasa dan sejarah atas eksistensi Kota Batu hingga saat ini," ujar Dewanti.

Suasana khidmat dan khusyuk begitu terasa saat rombongan Wali Kota Batu bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan doa bersama.

"Hari ini kami nyekar (ziarah) ke semua tokoh-tokoh yang membangun Kota Batu, ini menjadi bentuk penghormatan warga Batu untuk tokoh-tokoh yang membangun Kota Batu," kata Wali Kota.

Selain itu, lanjut Dewanti, ziarah kubur ke makam para leluhur ini juga menjadi pengingat bahwa di jaman modern saat ini, jasa pendahulu harus terus diingat.

"Masyarakat di Kota Batu ini luar biasa. Saya harap, di jaman modern saat ini, keguyupan, kerukunan, kegotongroyongan dan penghormatan kepada leluhur tetap dijaga," pungkas dia. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Menjelang HUT Kota Batu, Dewanti dan Punjul Ziarah ke Makam Leluhur

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT