Minggu, 23 Januari 2022
Ekonomi

Menkominfo Sebut Percepatan Transformasi Digital Selamatkan Perekonomian Saat Pandemi

profile
Avirista

04 Januari 2022 16:12

28 dilihat
Menkominfo Sebut Percepatan Transformasi Digital Selamatkan Perekonomian Saat Pandemi
Pemanfaatan teknologi buat peternak sapi di Malang untung (dokumen SJP)

MALANG – Percepatan transformasi teknologi disebut berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi di sektor informasi dan komunikasi dirasa cukup signifikan kendati di tahun 2021 seluruh sektor di Indonesia dihantam badai pandemi Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menuturkan, pandemi Covid-19 memiliki dampak kesehatan dan ekonomi, namun Pemerintah berupaya memanfaatkan secara optimal dengan mendorong akselerasi transformasi digital.

“Guideline dari Bapak Presiden untuk memastikan roadmap transformasi digital dilaksanakan dengan baik oleh Kominfo agar bisa menyiapkan fondasi kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Ini dalam rangka mendorong kemampuan negara kita, resiliensi bangsa kita dan kemampuan adaptasi negara kita, masyarakat kita untuk masuk ke era digital,” ucap Johnny Plate, melalui rilisnya, pada Selasa siang (4/1/2022).

Menteri kelahiran Ruteng NTT ini menambahkan, pihaknya terus mendorong pelaku ekonomi dan UMKM di Indonesia untuk menggunakan sektor digital. Maka dari itu, ia berkomitmen untuk pembangunan infrastruktur komunikasi demi mendorong migrasi aktivitas digital.

“Tahun 2021, sektor informasi dan komunikasi itu tumbuh positif berturut-turut yaitu 8,72 persen, 6,87 persen, dan 5,51persen year-on-year. Saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia  bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital,” ucap dia.

“Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sebelumnya didorong hanya dari sisi disrupsi teknologi. Namun, pandemi Covid-19 memacu akselerasi transformasi digital di semua sektor. Karena kita negara konsumen teknologi, kita harus melakukan akselerasi di hampir semua aspek,” tambahnya.

Diakui Johnny, Covid-19 memang berdampak pada kontraksi di sektor ekonomi. Maka diperlukan adanya pemanfaatan akses digital, informasi, dan komunikasi, untuk mengembangkan sektor ekonomi yang porak – poranda karena ketiadaan interaksi langsung imbas pandemi Covid-19.

“Karena terjadi kontraksi ekonomi dunia dan Indonesia, dengan pemanfaatan ruang digital yang semakin luas, sektor informasi dan komunikasi khususnya di Indonesia justru bertumbuh dengan baik,” tutur dia.

Dirinya mengajak seluruh pihak bekerjasama untuk memulihkan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak di tahun 2022 ini. Dengan semangat kegotongroyongan dan kerja keras seluruh komponen bangsa ini disebut Johnny, menjadi kunci bangsa Indonesia keluar dari krisis.

“Saya tentunya, atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih yang luar biasa atas partisipasi seluruh kekuatan negara kita, Bapak Presiden memberikan directive dan guideline bagi para menteri dan pimpinan lembaga, kepada pemerintah daerah untuk  bekerja melaksanakan fungsi-fungsinya. Namun demikian, suksesnya kita mengatasi pandemi Covid-19 adalah kegotong-royongan secara nasional, semua komponen termasuk komponen media di dalamnya,” tukasnya. (ADV)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Menkominfo Sebut Percepatan Transformasi Digital Selamatkan Perekonomian Saat Pandemi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT