Kamis, 27 Januari 2022
Ekonomi

Menparekraf Sandiaga Sebut Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Indonesia

profile
Avirista

22 Mei 2021 18:33

33 dilihat
Menparekraf Sandiaga Sebut Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Indonesia
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Malang

MALANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sendiri terus menyosialisasikan desa – desa wisata di Indonesia agar mengikuti penghargaan yang diperuntukkan untuk desa – desa wisata yang ada di Indonesia. Tak heran bila Sandiaga juga mempromosikan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini saat berkunjung ke Kabupaten Malang, pada Sabtu (22/5/2021).

Didampingi Bupati Malang Sanusi, Sandiaga mendorong desa – desa wisata berbenah dan turut serta untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian sektor wisata di Indonesia.

“Kita menyelenggarakan Anugerah Desa Wisata sebagai program unggulan dan program andalan masyarakat untuk pelaku wisata di Indonesia,” katanya, pada Sabtu siang (25/5/2021), di Desa Wisata Pujon Kidul.

Sebab menurutnya, desa wisata menjadi cerminan kebangkitan ekonomi di tengah hantaman pandemi Covid-19 yang juga berimbas pada ekonomi dan wisata.

“Kita ingin desa wisata betul - betul memberikan rasa keadilan ke masyarakat. Saya ingin pembangunan masyarakat berbasis keadilan, masyarakat menjadi pemain, bukan hanya penonton, dari sisi lingkungan, sosial, ekonomi. Sehingga masyarakat bisa sejahtera dan Indonesia bisa bangkit,” tutur Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno menambahkan, ada tujuh kategori penilaian bagi desa – desa wisata yang mendaftar. Beberapa di antaranya yakni CHS, desa digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (Alam, Budaya, Buatan), konten kreatif, homestay, dan toilet.

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Malang Sanusi

 

“Dimana kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan, dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia,” ujar Sandiaga.

Pihaknya saat ini tengah menyosialisasikan pelaksaan kegiatan anugera desa wisata yang dimulai 30 April – 25 Juni 2021. Sambil menyosialisasikan penghargaan bagi desa – desa wisata, pihaknya juga telah membuka registrasi secara online sejak 7 Mei hingga 26 Juni 2021 mendatang.

“Nantinya dewan juri bakal menentukan 500 desa sebagai nominasi, dan akan dipilih 50 desa terbaik, yang nantinya akan dilakukan visitasi/verifikasi oleh Menparekraf dan perwakilan dari dewan juri,” paparnya.

Dirinya ingin desa – desa wisata yang ada menjadi destinasi wisata kelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah, dan kesejahteraan rakyat.

“Semoga pelaksanaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini dapat meningkatkan pengembangan desa wisata baru, dan memberikan suguhan menarik kepada wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik, melaui desa-desa wisata di Indonesia,” tukasnya.

Di sisi lain Bupati Malang HM Sanusi mengakui kreasi dan inovasi membuat penduduknya bisa sejahtera dengan program – program yang ada. Di Kafe Sawah Pujon misalnya, awalnya hanya kawasan persawahan disulap menjadi destinasi yang mampu menghasilkan pendapatan berlipat bagi warganya.

“Bahwa di Kabupaten Malang kita gerakan ekonomi kreatif dengan meningkatkan potensi yang ada, dari padi yang delapan ton sekarang sudah bisa 15 ton, dari sawah yang jumlahnya Rp 10 juta per tahun kita upayakan minimal Rp 100 juta sampai Rp 1 miliar," papar M Sanusi.

"Sudah terbukti ada di Kafe Sawah dan Kasembon, Rumah Sakit Al Madinah yang bisa menghasilkan Rp 1 miliar," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Menparekraf Sandiaga Sebut Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT