Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Meriahkan HUT LSM Lira, DPD Lumajang Potong Tumpeng

profile
achmad fuad

19 Juni 2021 12:10

138 dilihat
Meriahkan HUT LSM Lira, DPD Lumajang Potong Tumpeng

LUMAJANG – Dalam pelaksanaan HUT LSM LIRA Ke-XVI Tahun 2021 ini, dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Namun demikian, demi memeriahkan acara tersebut, DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang juga menggelar acara potong tumpeng yang menjadikan acara sakral di Sekretariat DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang, Jalan Bengawan Solo No 197, Kelurahan Jogoyudan, Lumajang, dimulai pukul 10.00 WIB sampai selesai, Sabtu (19/6) lalu.

Acara tersebut, menurut Bupati DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang, Angga Dhatu Nagara, SE, tetap dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Biarpun, kegiatan dilaksanakan di luar ruangan, dan para hadirin melakukan cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer dan pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun (screening), sedangkan masker tetap wajib dipakai.

“Acara ini sesuai instruksi DPP LSM LIRA berdasarkan Surat DPP LSM LIRA Nomor : C.0112/DPP-LIRA/HUT-16/VI/2021, Tentang PERAYAAN/PERINGATAN HUT LSM LIRA KE-XVI - 19 JUNI 2021,” kata Angga kepada sejumlah awak media, usai acara potong tumpeng.

Kegiatan ini, dikatakan Angga, adalah untuk mempererat hubungan silaturrahmi antar Pengurus dan Anggota serta Simpatisan DPD LSM LIRA, mulai dengan pihak birokrasi dan pihak swasta, yang akan selalu bekerjasama dalam pembangunan Kabupaten Lumajang lebih baik, sesuai dengan tema HUT LSM LIRA Ke XVI ini.

“HUT LSM LIRA Ke-XVI Tahun 2021 ini, kami akan ikut serta melaksanakan program Membangun Indonesia Mejaga Negeri, sebab hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Pendiri LSM LIRA, HM Jusuf Rizal, dalam Tema HUT LSM LIRA INDONESIA Tahun 2021, agar menjadi LSM yang Profesional, Modern dan Mandiri.

Maka dari itu, kami akan terus berkolaborasi dengan siapa saja, dari unsur mana saja demi membangun Lumajang lebih baik dan bermartabat,” bebernya lagi.

Dalam tubuh DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang, ditegaskan Bupati LIRA ini, hanya membutuhkan sosok pribadi yang memiliki loyalitas terhadap lembaga. Kedepan, kata Angga, akan terus diciptakan kader-kader LSM LIRA yang militansi.

“Menjaga kekompakan sangat diperlukan di DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang, saya selalu tekankan untuk bisa maju bersama, berbeda bendera tapi satu tujuan, yaitu Lira Jaya,” tambahnya.

Untuk itulah, Bupati LSM LIRA Kabupaten Lumajang berpesan, bahwa dengan program “Membangun Indonesia Menjaga Negeri” inilah, dirinya meminta kepada seluruh Camat, Lurah/Kepala Desa LSM LIRA maupun Para Pengurus dan Lembaga Sayap Organisasi (LSO) serta anggota relawan, harus bisa meningkatkan kemampuannya secara profesional, modern dan mandiri. Sebab ketiga hal itu mutlak dibutuhkan.

Dalam pengelolaan organisasi secara Profesional, itu juga akan Kami lakukan, agar setiap Pengurus memiliki standarisasi pengelolaan program yang terukur. Jadi setiap Camat, Lurah/Kepala Desa, maupun LSO diharuskan memiliki program minimal dua program utama setiap tahunnya selain program rutin.

Ini bertujuan membangun eksistensi LSM LIRA di Masyarakat, mitra dan pemerintah yang kritis. Pengelolaan Program juga harus dilakukan secara modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0. Bisa bersinergi dengan kaum millenial, mahasiswa, pemuda maupun instansi pemerintah, ormas, NGO, media maupun perusahaan swasta dan BUMN.

Ditengah kemajuan tehnologi digital banyak peluang membuat program yang modern serta dapat disinergikan dengan berbagai pihak. Kemudian program harus dikelola dengan mandiri. Program yang baik bila dikelola secara Profesional dan Modern pasti dapat dijalankan secara mandiri melalui dukungan berbagai pihak.

Dengan rekam jejak LSM LIRA yang sudah terukur, terbukti dan dirasakan masyarakat, tidak sulit bekerjasama guna memperoleh dukungan. Apalagi LIRA adalah satu-satunya LSM dengan Rekor Muri.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan HUT LSM LIRA Ke XVI ini, Muhammad Rizqi Mubarok, kepada awak media juga menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari para pihak, bak di internal organisasi ataupun diluar organisasi.

“Anggaran kegiatan ini sepenuhnya di support oleh internal Pengurus, Anggota dan Simpatisan DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang, Kapolres Lumajang dan juga dari Pemerintah Kabupaten Lumajang, atau pihak lain yang tidak bisa Kami sebutkan satu persatu,” ujar Rizqi.

Dan dalam menghadapi tantangan besar untuk melawan atau menghentikan pernyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lumajang, dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang, Achmad Fuad Afdlol, mengatakan kalau hal ini tidak hanya dibutuhkan peran dari pemerintah saja namun juga diperlukannya peran dari swasta, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LIRA ini.

“Kami juga telah terlibat dalam gerakan penanganan Covid-19, dengan upaya melakukan penggalangan dana, pembagian masker, obat, hand sanitizer, disinfektan dan juga membagikan sembako dan makanan lainnya,” ungkapnya kepada wartawan.

Selain itu, kata Sekda LIRA Lumajang, keterlibatan LSM LIRA Kabupaten Lumajang adalah seperti penyemprotan disinfektan, sosialisasi cuci tangan, sosialisasi gaya hidup sehat, sosialisasi jaga jarak (Physical Distancing) yang ditujukan untuk semua lapisan masyarakat, juga pemasangan banner himbauan sesuai protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami berharap, setelah HUT LSM LIRA Ke XVI ini, DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang Tahun 2021 ini, dapat menjalankan program-program kerjanya, sesuai dengan apa yang kita inginkan, bersama masyarakat,” pungkasnya.

Selain peringatan HUT secara virtual, dari pantauan awak media, ada pula kegiatan pembagian paket sembako kepada warga di sekitar Sekretariat DPD LSM LIRA Kabupaten Lumajang, sebanyak 200 paket.

Adapun beberapa undangan yang hadir antara lain, Bupati DPD LSM LIRA, Wakil Bupati DPD LSM LIRA, Sekretaris Daerah DPD LSM LIRA, Asisten DPD LSM LIRA, Ketua Lembaga Sayap Organisasi (LSO) DPD LSM LIRA, Camat DPK LSM LIRA perwakilan wilayah kerja dan Kepala Desa (Kades)/ Lurah LSM LIRA perwakilan wilayah kerja.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Meriahkan HUT LSM Lira, DPD Lumajang Potong Tumpeng

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT