Rabu, 26 Januari 2022
Kesehatan

Meski Divaksin, Tidak Manjamin 100 Persen Kebal Terhadap Covid-19

profile
achmad fuad

28 Januari 2021 21:29

22 dilihat
Meski Divaksin, Tidak Manjamin 100 Persen Kebal Terhadap Covid-19
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Sinovac (dokumen SJP)

LUMAJANG – Meskipun telah divaksin, belum tentu 100 persen mereka terjamin  bebas dari Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Lumajang, Suhari.

Maka dari itu, Suhari mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tidak khawatir dengan vaksinasi Covid-19, dengan mencontohkan dirinya kalau sudah divaksinasi Sinovac. “Saya adalah orang yang pertama disuntik vaksin Covid-19 dan tidak ada keluhan setelah disuntik,” ungkapnya. 

Namun demikian, yang perlu dipahami, kata Suhari adalah upaya melindungi atau sebagai proteksi diri dari Covid-19. Kalau sudah divaksinasi, kata Suhari masih ditambah lagi tetap menggunakan protokol kesehatan, Insya Allah selamanya akan bebas dari Covid-19.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius, bahwa vaksinasi belum menjamin 100 persen, kita menjadi kebal dari penularan virus. Namun dengan vaksinasi menjadikan tubuh kita lebih mempunyai daya tahan/antibodi terhadap risiko penularan virus, terhindar dari covid 19, atau seumpama tertular tidak sampsi sakit berat. 

“Ini manfaat vaksinasi dan jika sebagian besar masyarakat (minimal 70 persen) telah mempunyai kekebalan melalui vaksinasi ini, akan terbentuk kekebalan masyarakat,” paparnya. 

Selanjutnya, kata dr Bayu, kita dapat optimis pandemi segera selesai. Sebagaimana sejarah yang telah mencatat keberhasilan vaksinasi dalam menyelesaikan pandemi, seperti penyakit cacar, polio, dan lainnya. 

“Sampai saat cakupan vaksinasi tersebut mencukupi, tentunya kita masih berisiko tertular, sehingga penerapan protokol kesehatan harus selalu disiplin kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Meski Divaksin, Tidak Manjamin 100 Persen Kebal Terhadap Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT