Kamis, 27 Januari 2022
Kriminal

Minggu Depan, Tersangka Pencabulan Inisial PJ di Mojokerto Akan Diserahkan ke Kejaksaan

profile
Andy

28 Oktober 2021 16:33

221 dilihat
Minggu Depan, Tersangka Pencabulan Inisial PJ di Mojokerto Akan Diserahkan ke Kejaksaan
Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Kabupaten Mojokerto Ivan Yoko Wibowo.

MOJOKERTO - PJ (57), pelaku pencabulan remaja putri di Mojokerto akan diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto minggu depan. 

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Kabupaten Mojokerto Ivan Yoko Wibowo menyampaikan, tersangka atas nama PJ ini  berkasnya telah lengkap pada tanggal 5 Oktober 2021. Hingga saat ini PJ belum dilakukan tahap 2 dalam arti penyerahan tersangka kepada Jaksa, rencananya minggu depan. 

"Insyaallah kami rencanakan minggu depan karena berkasnya sudah P21 atau dinyatakan lengkap," ungkap Ivan.

Lebih lanjut, untuk nama WY telah memasuki tahap 2 pada tanggal 30 September 2021. 

"Untuk WY sudah dilakukan penahanan. Kami berpendapat untuk ditahan selama 20 hari di Polres. Kami tiitipkan di Polres, kemudian pada tanggal 12 Oktober 2021 itu telah kami limpahkan ke pengadilan untuk dilakukan sidang. Kita akan menunggu jadwal sidang yang dikeluarkan oleh hakim atau pengadilan," jelasnya.

Masih menurut Ivan, untuk proses pengadilannya berbeda karena ada dua berkas, WY sendiri, PJ sendiri.

"Kepada tersangaka, kami dakwakan dengan pasal pesetubuhan atau 81 UU perlindungan anak atau 82 ayat 1 UU perlindungan anak, kalau ancaman hukumannya menunggu sidang pertama. Karena selama ini yang bergulir di media satunya pencabulan, satunya persetubuhan, nanti kita buktikan di pengadilan karena itu berkaitan alat bukti dan pembuktian kami di pengadilan," tandasnya.

Sebelumnya, Dua kakek di Kabupaten Mojokerto ditetapkan sebagai tersangka setelah terbukti melakukan pelecehan seksual kepada pelajar SMP. Kedua pelaku yakni WY dan PJ, warga Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, sedangkan korbannya sebut saja bernama Mawar.

Kasatreskrim Polres Mojokerto AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo membenarkan, informasi adanya penetapan dua kakek itu adalah sebagai tersangka berdasarkan hasil penyelidikan. "Kedua pelaku sudah kami tetapkan tersangka," kata Andaru, saat dikonfirmasi, pada Jumat sore (16/7/2021),

Menurut mantan Kasatreskrim Polres Malang tersebut, pelaku WY melakukan persetubuhan kepada korban pada 3 April 2021 lalu di sebuah gubuk tengah sawah. Sementara pelaku PJ melakukan pencabulan disebuah rumah kosong ketika korban melintas depan rumah pelaku setelah bermain dengan temannya pada 11 April 2021.

"Pelaku WY melakukan persetubuhan kepada korban lalu korban diberi uang Rp 20 ribu, sementara PJ hanya mencabuli korban sebanyak dua kali dirumah kosong kemudian memberikan uang Rp 50 ribu kepada korban setelah melakukan aksi bejatnya," tuturnya.

Saat ini, korban sedang hamil 4 bulan akibat perlakuan pelaku dan pihaknya melakukan pendampingan trauma healing yang dilakukan oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Mojokerto.

"Saat ini korban dalam pendampingan trauma healing oleh petugas Unit PPA yang khusus menangani korban perempuan dan anak," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Minggu Depan, Tersangka Pencabulan Inisial PJ di Mojokerto Akan Diserahkan ke Kejaksaan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT