Rabu, 26 Januari 2022
Kriminal

Modus Bisnis Properti, Warga Kuningan Tipu Korbannya Hingga Rp 1,2 M

profile
Avirista

02 Agustus 2021 16:58

46 dilihat
Modus Bisnis Properti, Warga Kuningan Tipu Korbannya Hingga Rp 1,2 M
Polresta Malang Kota merilis kasus penipuan bisnis properti

KOTA MALANG - Polresta Malang Kota mengamankan warga Kuningan yang menipu hingga korbannya mengalami kerugian miliaran. Pelaku diketahui berinisial PA (34) menjanjikan keuntungan 50 persen dari bisnis properti yang ditawarkan kepada korbannya.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengungkapkan, korban berinisial MS (48) ditawari oleh PA berbisnis properti. Pelaku menawarkan lokasi properti di daerah Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

"Tersangka menjanjikan keuntungan 50 persen untuk investasi di bisnis property. Korban kemudian menyerahkan uangnya sampai totalnya Rp 1 miliar 250 juta," ungkap Budi Hermanto, saat memimpin rilis pada Senin siang (2/8/2021) di Mapolresta Malang Kota.

Uang sebesar Rp 1,250 miliar itu disebutkan Buher, sapaan akrabnya, disetorkan 4 kali ke pelaku. Tapi setelah korban menyetorkan uangnya kepada tersangka, PA tak lagi terendus jejaknya.

"Setelah uang diserahkan, proyek ternyata tidak tercapai. Tersangka kesulitan untuk dihubungi, merasa tertipu. Korban kemudian melapor," terangnya.

Polisi yang kemudian melakukan penyelidikan akhirnya berhasil menemukan tersangka kabur hingga ke Bandung. "Tersangka melarikan diri ke wilayah Bandung. Dari hasil penyelidikan, tim Resmob berhasil mengamankan tersangka," ujar dia.

Kepada polisi, tersangka mengaku uang hasil penipuan digunakan untuk keperluan pribadi. "Kepada penyidik, tersangka mengaku uang menipu digunakan untuk keperluan pribadi," tandasnya.

Tersangka dijerat Pasal 378 KUHP jounto Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Modus Bisnis Properti, Warga Kuningan Tipu Korbannya Hingga Rp 1,2 M

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT