Rabu, 26 Januari 2022
Pendidikan

Mudahkan Pembelajaran, Dubes Arab Saudi - UIN Malang Luncurkan Aplikasi Hati

profile
Krisda

13 Oktober 2021 19:36

128 dilihat
Mudahkan Pembelajaran, Dubes Arab Saudi - UIN Malang Luncurkan Aplikasi Hati
Dubes Arab Saudi saat memberikan sambutan di UIN Malang

KOTA MALANG  - Universitas Islam Negeri (UIN) Malang bersama Duta Besar Arab Saudi meluncurkan aplikasi pembelajaran Bahasa Arab karya dosen-dosen pusat pengembangan bahasa UIN Malang Rabu, (13/09/21).

Aplikasi yang diberi nama HATI (Hayatal Arabiyah Tafa’uliyan Iliktruniyan) merupakan karya dosen-dosen di pusat pengembangan bahasa UIN Malang. Menurut Kepala Pusat bahasa UIN Maliki Malang, Dr M Abdul Hamid MA, belajar bahasa Arab dengan Aplikasi HATI selain mudah diakses juga menyenangkan.

"ada 3M, M pertama memudahkan M kedua menyenangkan yang terakhir membisakan, kita tidak ingin aplikasi ini justru menyulitkan mahasiswa apalagi dengan pembelajaran daring, dan ada yang dari pelosok," terangnya.

"jadi aplikasi ini sudah kita desain dari segi penggunaan kuota dan lain sebagainya betul betul memudahkan mereka untuk proses teknis nya sampai ke materi materinya," imbuhnya.

Hamid sapaan akrabnya juga mengatakan materi yang terdapat pada Aplikasi HATI merupakan bahasa Arab yang sudah sesuai dengan karakteristik Indonesia. 

"Materi bahasa arab yang kita kembangkan itu kontekstual artinya keindonesiaan sekali tidak kemudian belajar bahasa arab sekaan akan kita ada di arab tapi memang kita belajarbahasa arab di indonesia," ungkapnya.

Dari pembuatannya yang dimulai dari awal tahun 2019, Aplikas HATI ini sudah melalui beberapa tahapan pengembangan sehingga baru dapat digunakan di tahun ajaran 2021 ini dan sudah dapat digunakan oleh hampir 4000 mahasiswa secara bersamaan.

"Aplikasi ini sudah kita gunakan sejak tahun ajaran baru digunakan oleh hampir 4000 mahasiswa secara bersamaan itu setiap hari mulai jam 2 siang sampai jam 5 sore dari berbagai macam jurusan," ujarnya.

Hamid mengklaim dari diseluruh PTKIN hanya UIN Malang yang mempunyai aplikasi pembelajaran bahasa Arab seperti ini. Sehingga sudah banyak PTKIN yang ingin mengajak kerjasama untuk belajar bersama dengan Aplikasi HATI tersebut.

"Dan ini sementara yang kami tahu baru satu satunya di indonesia apalagi di ptkin. Karena itu beberapa ptkin sudah melirik ingin melakukan kerjasama dan melakukan pembelajaran bersama bahasa arab," tungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mudahkan Pembelajaran, Dubes Arab Saudi - UIN Malang Luncurkan Aplikasi Hati

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT