Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Napak Tilas Majapahit, Danrem 082 CPYJ dan Pangkoarmada II Kunjungi Pendopo Agung Trowulan

profile
Admin

07 November 2020 15:07

412 dilihat
Napak Tilas Majapahit, Danrem 082 CPYJ dan Pangkoarmada  II Kunjungi Pendopo Agung Trowulan
Saat Danrem, Pangkoarmada II kunjungi Pendopo Agung Trowulan

MOJOKERTO - Pangko Armada II Laksamana Muda TNI ING Sudihartawan didampingi Danrem 082 CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto dan Dandim 0815 Mojokerto napak tilas sejarah Kerajaan Majapahit. Ketiganya mengunjungi Pendopo Trowulan yang menjadi simbol kebesaran Kerajaan Majapahit di masa lampau.

Kunjungan Pangkoarmada II di Pendopo Agung Trowulan Mojokerto dalam rangka napak tilas sejarah Mojopahit dimana di kawasan Trowulan diyakini banyak pihak sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit sehingga banyak situs-situs peninggalan Majapahit di kawasan tersebut yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sebagai gambaran, area Pendopo Agung Trowulan berada di lahan seluas 2 hektar terletak di Desa Trowulan Kecamatan Trowulan Mojokerto. Di pintu masuk terdapat sebuah gerbang dengan desain khas Majapahit. Setelah memasuki halaman Pendopo Agung Trowulan terdapat sebuah Patung Raja Brawijaya yang dinaungi oleh sebuah payung kerajaan, dengan struktur bangunan Pendopo Agung terlihat sebagai latar belakang.  Di belakang Pendopo Agung Trowulan terdapat petilasan moksanya Raden Wijaya (raja pertama Majapahit) kepada Sang Hyang Widi.

Pendopo Agung sendiri pengelolaannya diserahkan kepada Korem 082/CPYJ karena banyak peristiwa sejarah yang berhubungan dengan perjuangan TNI di masa lampau.

Beberapa foto mantan pejabat Pangdam V/Brawijaya. Sejarah pendirian Pendopo Agung pada dekade 1960–1970, berdiri atas prakarsa Pangdam V/Brawijaya pada waktu itu yang kemudian direalisasikan Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Sampoerno (Alm). (Adv) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Napak Tilas Majapahit, Danrem 082 CPYJ dan Pangkoarmada II Kunjungi Pendopo Agung Trowulan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT