Rabu, 26 Januari 2022
Politik

Partisipasi Pilkada Malang Rendah, Begini Alasan KPU

profile
Admin

10 Desember 2020 19:09

181 dilihat
Partisipasi Pilkada Malang Rendah, Begini Alasan KPU
Petugas KPPS saat mendatangi pemilih pasien Covid-19

MALANG - Angka partisipasi masyarakat di Pilkada Kabupaten Malang menjadi sorotan KPU. Hal ini disebut angka partisipasi yang jauh dari target KPU Malang.

Menurut Komisioner Bagian Divisi Sosialiasi Pendidikan dan Pemilihan dan SDM KPUD Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika, tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS relatif rendah.

“Perkiraan saya, evaluasi sementara tingkat pastisipasi masyarakat masih di kisaran 58 persen, sama dengan pilkada tahun 2015 lalu ya,” ungkap Mahardika pada Kamis (10/12/2020).

Dia menambahkan, ada tiga kemungkinan yang menyebabkan kurangnya minat masyarakat untuk datang mencoblos di TPS. Faktor pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor masyarakat tak menggunakan hak pilihnya.

"Adanya pandemi Covid-19, masyarakat tidak punya pilihan figur pemimpin yang cocok dan masyarakat semuanya tahu bahwa 9 Desember ada Pilkada. Padahal pihaknya telah melakukan sosialisasi Pilkada di seluruh pelosok Malang,” terangnya.

Bahkan angka partisipasi di Pilkada Malang yang sebesar 58 persen disebut KPU jauh dari target nasional yang mencapai 77,5 persen.

“Untuk sementara pihaknya masih mengevaluasi soal partisipasi pemilih. Nantinya pihaknya akan mengevaluasi perihal lain terkait protokol kesehatan dalam penyelenggaraan kemarin, sambil menunggu hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten Malang,” tukasnya.

Sebagai Informasi, kontestasi Pilkada Malang 2020, diikuti oleh dua pasangan calon, yakni Sanusi dan Didik Gatot Subroto yang merupakan petahana, dan pasangan Lathifah Shohib, dan Didik Budi Muljono.

Sanusi-Didik, diusung oleh enam partai politik yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sementara Lathifah-Didik, diusung oleh PKB, dan Partai Hanura.

Selain itu keduanya, ada pasangan calon nomor urut 3 dari jalur perseorangan yakni Heri Cahyono, dan Gunadi Handoko. (Sen)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Partisipasi Pilkada Malang Rendah, Begini Alasan KPU

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT