Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Pasca Didemo Nelayan, Pihak PT Bumi Subur Akui Tidak ada Instalasi Pengolahan Air Limbah

profile
Admin

11 November 2020 15:44

377 dilihat
Pasca Didemo Nelayan, Pihak PT Bumi Subur Akui Tidak ada Instalasi Pengolahan Air Limbah
Perwakilan Nelayan Jember dan Lumajang Saat Bertemu Perwakilan Tambak Vaname di Kantor PT Bumi Subur.

JEMBER,- Ancaman Demo Susulan Warga Nelayan Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Jember bersama Nelayan Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang terkait tambak Udang Milik PT Bumi Subur tidak main main.

Massa yang banyak akan dikerahkan untuk melakukan berbagai upaya agar pihak PT tersebut memikirkan nasib nelayan yang notabene sudah puluhan tahun mengalami nasib sama yaitu ketika Panen udang Vaname limbah PT masuk ke perairan dan membuat ikan dilaut pergi seketika dan mematikan nelayan lokal mencari nafkah.

"Kami tetap akan bersikukuh hingga pihak tambak udang ini melakukan apa yang seharusnya mengacu dalam ketentuan tambak layak yaitu mempunyai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang benar tidak mencemari lingkungan,” ucap Mar Cheleng Warga Nelayan Paseban. Rabu, (11/11/20).

Ia juga berharap peran pemerintah lumajang agar cepat tanggap akan masalah tambak yang notabene pembuangan tidak sesuai dengan prosedur jelas ini,imbuhnya.

Sedangkan dipihak Pengusaha tambak udang Vaname PT Bumi Subur melalui Ir Mohamad Asmin Halim mengatakan bahwa tambak selama berdiri sudah 32 tahun memang tidak ada IPAL.

“Kami sekarang berusaha membuat 4 Jalur Ipal dan masih belum selesai dan di tangani oleh Konsultan ke pihak provinsi.sampai saat ini masih selesai 1 Buah, kami sendiri ini pihak ke tiga menempati tambak udang ini,” ucapnya.

Hingga berita ini ditulis pihak masyarakat terlihat membawa puluhan Ton Batu untuk menutup pembuangan limbah yang langsung menuju sungai dan bermuara ke Laut lepas. (Ema Wasta)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pasca Didemo Nelayan, Pihak PT Bumi Subur Akui Tidak ada Instalasi Pengolahan Air Limbah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT