Sabtu, 22 Januari 2022
Pemerintahan

Pekerja Migran Jember Terkonfirmasi Covid-19 Varian Baru, Bupati Hendy : Kita Tekanan Kewaspadaan

profile
Rochul

17 Mei 2021 21:04

22 dilihat
Pekerja Migran Jember Terkonfirmasi Covid-19 Varian Baru, Bupati Hendy : Kita Tekanan Kewaspadaan
Bupati Jember Hendy Siswanto

JEMBER - Bupati Jember Hendy Siswanto mengingatkan masyarakat agar tetap mewaspadai penyebaran COVID-19, meski saat ini telah memasuki zona kuning. Menurut Hendy, posisi zona kuning saat ini masih bisa berubah ke zona oranye lagi bila masyarakat tak waspada dan lengah menerapkan protokol kesehatan. 

"Kita lebih harus ditekan lagi, apalagi varian baru sudah masuk di negara kita," kata Bupati Hendy saat dikonfirmasi sejumlah media di Pendapa Wahyawibawagraha, usai rapat koordinasi secara daring dengan Presiden Joko Widodo, Senin (17/5/2021).

Hendy mengingatkan perlu adanya kewaspadaan di masyarakat mengenai masuknya mutasi varian Covid-19 baru. Apalagi saat ini ada dua pekerja migran dari Jember dan Sampang yang tiba di Surabaya, terkonfirmasi positif Covid-19 dengan varian mutasi asal London dan Afrika Selatan. 

"Ada 5 (gejala yang perlu diwaspadai) soal varian baru (Virus Corona), apalagi lebih berbahaya. Ini harus jadi perhatian. Meskipun kondisi Jember kuning dan bagus. Harus lebih diperhatikan," tegasnya 

Penekanan soal penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, kata Hendy menirukan ucapan Presiden RI Joko Widodo saat rapat dengan seluruh kepala daerah se Indonesia itu.

"Pressing (penekanan, red) dari Pak Presiden kita,  yakni harus lebih hati-hati. Jangan sampai lengah. Khususnya daerah-daerah Zona Kuning sudah cukup bagus. Tapi Jember harus menuju hijau," ujarnya.

Terkait upaya penyekatan yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Jember. Sehingga tidak ada pemudik dari luar Jember yang masuk.

"Sesuai aturan tetap jalan sampai tanggal 24 Mei 2021. Apakah nantinya (Penyekatan) ini akan terus dilakukan atau kapan dihentikan, kita tunggu instruksi baru (dari pemerintah pusat)," katanya.

Sebagai informasi berdasarkan data Satgas Covid-19, hingga Senin 17 Mei 2021 terdapat 6.990 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya sebanyak 6.488 pasien sembuh, 26 orang masih aktif dalam pemantauan, dan 476 pasien Covid-19 meninggal dunia. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pekerja Migran Jember Terkonfirmasi Covid-19 Varian Baru, Bupati Hendy : Kita Tekanan Kewaspadaan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT