Sabtu, 29 Januari 2022
Pemerintahan

Pelantikan Sekretaris Desa di Bojonegoro dari Hasil Ujian Manual dan Terbuka

profile
Admin

22 September 2020 22:05

584 dilihat
Pelantikan Sekretaris Desa di Bojonegoro dari Hasil Ujian Manual dan Terbuka
Pelantikan Sekretaris Desa Sembung oleh kepala desa

Bojonegoro – Sekretaris Desa Sembung Kecamatan Kapas, Bojonegoro akhirnya dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) Sembung Moch. Arif Wahyudin pada Selasa (22//9/2020) pukul 20.00 WIB di Balai Desa Sembung.

 

Acara pelantikan juga dihadiri oleh Kasi Aparatur Pemerintah Desa , Badan Permusyarawatan Desa (BPD), LKMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.Karang taruna Hadir pula dalam kegiatan tersebut Camat Kapas Agus S Hariyanto, dan jajaran, Kapolsek Kapas, Danramil Kapas, Acara pelantikan juga menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

 

Dalam pengambilan sumpah jabatan, Mardiko Agus Nugroho Alumni Unair tersebut, bersumpah akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya sebagai Sekretaris Desa. Pihaknya juga akan jujur dan adil dalam mengemban amanah tersebut.

 

“Kami juga mohon dukungan dari semua pihak. Semoga ke depan Desa Sembung akan lebih baik lagi,” tuturnya.

 

Lelaki yang akrab dipangil Kokok tersebut sendiri juga mengaku sangat bersyukur atas karunia tersebut. Dari dukungan dari tokoh masyarakat, pemuda dan orang tua, serta teman teman pemuda tak bisa membalas dengan apa apa. Dengan doa dan ketekunan dalam mengikuti Ujian tulis yang manual test tanpa mengunakan IT itu dirinya rangking 1, akhirnya membuahkan hasil.

 

 “Semua itu merupakan sebuah karunia dari tuhan yang harus kita syukuri bersama,” katanya.

 

Dalam sambutannya Kepala Desa Sembung Moch Arif Wahyudin, menyampaikan selamat Kepada Agus mardiko Nugroho, Setelah resmi menjadi perangkat desa, pihaknya harus dapat menjalankan tugas dengan baik.

 

"Sehabis pelantikan ini, mohon segera menyesuaikan dengan pihak perangkat desa lainya, menjalankan tugas dengan amanah" pinta Kades yang baru dilantik tahun kemarin.

 

Sementara itu Camat Kapas, Agus S Hariyanto dalam sambutannya menyampaikan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan merupakan acara yang legal formal dan juga sakral. Legal formal karena acara tersebut resmi dan sah sesuai aturan yang berlaku. Ini sekaligus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19. Adapun sakral karena diambil sumpah jabatan yang tentunya bukan hanya dipertangggungjawabkan dihadapan manusia, melainkan juga kepada Tuhan YME.

 

"Setiap amanah tentunya akan dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan YME. Bertugaslah dengan baik dalam mengemban amanah tersebut, Sembung sudah baik dan semoga setelah punya Sekdes semoga tambah baik dan makin pesat perkembangan nya , sekencang perkembangan IT sekarang” katanya.

 

Tambahnya Camat, Sekdes langkah awal dalam menjalankan tugas yakni harus memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Untuk itu sebagai Sekdes yang baru, langkah pertama yang musti dilaksanakan yakni harus memamahami tupoksi dengan baik,. Antara tupoksi Sekdes dan Tupoksi nya Kepala Desa, karena Sekdes adalah orang nomer dua didesa, bagaikan Suami dan Istri.

 

“Semua harus dipelajari agar dapat bertugas dengan baik. Selamat bertugas. Sembung sudah bagus, semoga dengan Sekdes baru tambah bagus,. Karena mas Kokok ini juga pernah membantu desa Sembung, menjadi ketua panitia dan acara acara Desa," Pungkasnya.

 

Mardiko Agus Nugroho dilantik sebagai Sekretaris Desa berdasarkan hasil penjaringan dan sesuai Mekanisme pengisian Perangkat Desa, yang dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bojonegoro, Nomor 4 Tahun 2019, tentang perubahan atas peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2017, tentang Perangkat Desa. Ada dua mekanisme yang dapat digunakan untuk pengisian kekosongan jabatan perangkat desa, yakni mutasi jabatan, dan penjaringan penyaringan.(Mustakim).

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pelantikan Sekretaris Desa di Bojonegoro dari Hasil Ujian Manual dan Terbuka

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT