Rabu, 26 Januari 2022
Komunitas

Pelatihan Relawan Upaya KKBS Memerangi HIV/Aids dan Narkoba di Tengah Covid-19

profile
Admin

29 November 2020 18:55

247 dilihat
Pelatihan Relawan Upaya KKBS Memerangi HIV/Aids dan Narkoba di Tengah Covid-19
Pelatihan yang dilakukan ke relawan HIV dan anti narkoba

BANYUWANGI - Kelompok Kerja Bina Sehat (KKBS) melakukan pelatihan bagi para relawan di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini sebagai upaya mencegah penularan HIV Aids dan penyebaran narkoba di Banyuwangi.

"Dengan pelatihan ini kita mencoba membangkitkan optimisme penanggulangan HIV dan narkoba di Banyuwangi, karena kita vacum sudah hampir satu tahun," terang Ketua KKBS Muhamad Khoiron.

Khoiron menjelaskan pelatihan yang berlangsung di hari Sabtu dan Minggu (28-29/11/2020) di gedung Komisi Penanggulangan Aids Banyuwangi, dengan melibatkan berbagai unsur. 

"Ada dari Lembaga Anti Narkotika (LAN), LRRPN, Kelompok Mahasiswa Peduli Aids (KMPA), Penyuluh Kemenag," ujarnya.

Masih Khoiron, Hal tersebut menyusul angka HIV/Aids di Banyuwangi yang terbilang masih tinggi temuan HIV mencapai 5059 kasus dan Aids 1870 kasus.

"Ditahun 2020 Temuan HIV sejumlah 352 kasus dan Aids 37 kasus. Untuk narkoba juga masih tinggi bisa dilihat dari penghuni lapas hampir 50% adalah narapidana narkoba," bebernya.

Sedikitnya lima puluh relawan yang ikut,  disuguhkan berbagai macam teknik yang akan dijadikan bekal relawan dalam mengatasi permasalahan di masyarakat.

"Pertama tentang pengantar HIV dasar, bahaya narkoba kemudian teknik penguatan, seperti komunikasi perubahan perilaku, komunikasi efektif, komunikasi pendekatan personal,  bagaimana membangun jejaring dan bagaimana merawatnya," tuturnya. 

Ia mengutarakan, dari pelatihan ini diharapkan relawan mampu menjadi pelopor mengedukasi masyarakat perihal bahaya HIV/Aids serta narkoba.  Terlebih kehadiran pemerintah juga menjadi poin penting untuk menekan penularan HIV/Aids dan peredaran narkoba di Banyuwangi.

"Kami berharap ini menjadi estafet penting guna melakukan pencegahan, penyebaran HIV dan Narkoba di Banyuwangi. Terlebih kehadiran pemerintah juga diperlukan untuk Banyuwangi sehat Banyuwangi yang lebih baik," pungkasnya. WAN

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pelatihan Relawan Upaya KKBS Memerangi HIV/Aids dan Narkoba di Tengah Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT