Rabu, 19 Januari 2022
Pendidikan

Pembinaan Tim Penyusun PAT Oleh Dinas Pendidikan Malang

profile
Senopati

04 Maret 2021 22:28

99 dilihat
Pembinaan Tim Penyusun PAT Oleh Dinas Pendidikan Malang
Sosialisasi pembinaan PAT di aula dinas pendidikan Kabupaten Malang

MALANG - Tim Penyusun Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mengikuti Pembinaan Penyusunan Naskah Soal PAT, pelaksanaan ini sebagai tindak lanjut persiapan  PAT yang akan dilaksanakan pada akhir Mei ini. PAT adalah ujian untuk menentukan kenaikan kelas.

Menurut Pengawas SD, Joko Priyono, ada beberapa kaidah penyusunan soal yang harus diperhatikan. Pertama, materi soal PAT harus sesuai dengan kisi-kisi kurikulum darurat masa pandemi Covid-19. Kedua, soal harus sesuai dengan indikator.

"Kalau indikatornya siswa dapat menentukan salah satu penyebab erosi, soalnya jangan tentang kebakaran hutan," kata Joko usai memberikan materi tentang PAT di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Kamis pagi (4/3/2021).

Joko melanjutkan,  setiap soal harus memiliki satu jawaban yang paling benar. Pokok soal tidak boleh mengarah ke jawaban yang benar.

"Semisal Generator dan Turbin digunakan oleh? a. PLTB, b. PLTU c. PLTN. Ini sudah jelas digunakan oleh PLTA karena berhubungan dengan air," jelasnya, melalui rilis yang diterima.

Soal ujian tidak mengundang salah penafsiran. Artinya, penggunaan kata  "kecuali" dan option "semua jawaban benar" sudah tidak dipakai lagi.

"Sebagai contoh, jenis makhluk hidup adalah dibawah ini kecuali? a. Hewan, b. Tumbuhan , dan c. Manusia dan d. Gunung. Penggunaan kata "kecuali" dalam soal sudah tidak dipakai lagi,"terang Joko. 

Untuk di ingat panjang option harus relatif sama, jadi tiap-tiap option tidak ada yang memiliki kata pendek dan panjang, minimal selisihnya satu kata.

"Option yang panjang tentunya siswa beranggapan jawaban panjang adalah benar. Ini belum tentu dan ini merusak pemikiran anak-anak, selain itu tim penyusun benar-benar memahami kaidah penyusunan dan penulisan soal. Selain itu beliau berpesan, penulisan soal harus benar-benar menghindari hal yang berbau SARA agar masalah tidak muncul dikemudian hari," tandas Joko. 

Sementara itu Kabid SD Ahmad Wahid Arif mengatakan, PAT adalah kegiatan rutin tahunan yang bertujuan mengukur prestasi akademik siswa melalui penilaian di rapot.

"Setiap tahun kita selalu ada evaluasi untuk mencari tahu kendala-kendala yang dihadapi oleh tim penyusun dan siswa. Kami berharap penyusunan ini sukses mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil," tutup Wahid.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pembinaan Tim Penyusun PAT Oleh Dinas Pendidikan Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT