Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Pemkab Banyuwangi Tunjuk Dua Desa Jadi Pelaksana Pilot Project Desa Ramah Perempuan Anak

profile
Ikhwan

06 November 2021 02:23

107 dilihat
Pemkab Banyuwangi Tunjuk Dua Desa Jadi Pelaksana Pilot Project Desa Ramah Perempuan Anak
PLT Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Banyuwangi, Henik Setyorini

BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menunjuk Desa Watukebo, Blimbingsari dan Desa Kepundungan, Srono menjadi pilot project Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA). Teknis pelaksanaan akan dibahas minggu depan.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, dan Keluarga Berencana, Henik Setyorini mengatakan Program DRPPA ini menjadi upaya pemerintah untuk menekan dan mencegah terjadinya problematika kasus perempuan anak yang saat ini marak terjadi.

DRPPA mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola pemerintahan desa berkelanjutan.

Di Jawa Timur, Banyuwangi menjadi satu-satunya kabupaten yang ditunjuk untuk mengawali pelaksanaan program tersebut.

"Pemkab kemudian menunjuk Desa Watukebo dan Kepundungan sebagai pilot project program dari kementerian TRPPA ini" kata Henik, Kamis (5/11/2021).

Sebelum penunjukan, kata dia, Pemkab telah melakukan koordinasi dengan Asosiasi Kepala Desa Se Kabupaten Banyuwangi (ASKAB). Hasilnya ASKAB mengarahkan pada dua desa tersebut.

"ASKAB menilai desa yang memiliki pemimpin perempuan lah yang pas untuk melaksanakan program ini. Sebetulnya di Banyuwangi ada 10 Desa yang kepala desanya perempuan. Namun kesepakatan ASKAB ya dua desa tadi Watukebo dan Kepundungan," pungkas Henik.

Minggu depan, kata Henik, Deputi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak akan hadir di Banyuwangi guna memberi pembekalan teknis serta sistematika tata pelaksanaan proyek tersebut.

"Kamis mendatang. Untuk tempat pelaksanaan akan dilangsungkan di Aula Rempeg Jogopati, Kantor Pemkab Banyuwangi," ujarnya.

Secara teknis program DRPPA ini akan menekankan sebuah tata birokasi yang mendorong upaya kemandirian perempuan serta penjaminan bagi keamanan anak. Dengan konsep berbasis desa diharapkan pelaksanaannya berjalan lebih optimal.

"Jadi nanti kelembagaan desa, penganggagaran Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), terkait penanganan kasus anak, upaya pencegahan anak usia dini. Ini masih pilot project, ketika nanti sukses desa-desa lain akan didorong untuk melaksanakan program ini juga," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Banyuwangi Tunjuk Dua Desa Jadi Pelaksana Pilot Project Desa Ramah Perempuan Anak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT