Sabtu, 29 Januari 2022
Ekonomi

Pemkab Malang Berupaya Pulihkan UKM Saat Dampak Pandemi Covid-19 Masih Tinggi

profile
Senopati

10 Maret 2021 20:06

332 dilihat
Pemkab Malang Berupaya Pulihkan UKM Saat Dampak Pandemi Covid-19 Masih Tinggi
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat memberi sambutan terkait Pemulihan Ekonomi Nasional di Pendopo Kepanjen Malang

MALANG - Pandemi Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia tidak menyurutkan niat Pemulihan Ekonomi Nasional (PRN). Sebagaimana yang terjadi di Kabupaten Malang, dimana Industri Kecil dan Menengah (IKM) serta Usaha Kecil Menengah (UKM) bersemangat berkembang dan berdikari di tengah pandemi Covid-19. 

Menurut Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, di tengah suasana Pandemi ini serta pemulihan ekonomi nasional, IKM dan UKM di Kabupaten Malang potensinya terus meningkat mendekati 400 000 IKM dan UKM.

"Sebelum Pandemi, IKM dan UKM di Kabupaten Malang sekitar 300 000 an, jadi ada kenaikan yang cukup tinggi di tengah Pandemi," kata Didik Gatot Subroto di Pendopo Kepanjen, Rabu siang (10/3/2021).

Dengan kenaikan tersebut, Pemkab Malang ke depannya akan mendesain ulang para pelaku usaha dan industri agar tetap bertahan dan berkembang di tengah perekonomian yang masih merangkat akibat terpaan Covid 19.

"Nantinya para pelaku usaha dan industri di tuntut untuk mendesain yang sebelumnya setiap transaksi usaha di lakukan secara offline nanti harus merubah pola  masyarakat," jelasnya.

Perubahan pola perilaku masyarakat yang semula secara offline, maka Pemkab Malang akan memberikan ruang, akses dan fasilitas yang cukup pada para pelaku usaha dan industri dalam memasarkan suatu produknya.

"Kami akan memberikan ruang serta fasilitas yang cukup agar supaya proses ekonomi masyarakat tetap berjalan dengan tidak meninggalkan Protokol kesehatan," beber mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Dengan memberikan ruang, akses dan fasilitas yang memadai, nantinya Pemkab Malang bisa memantau pertumbuhan perdagangan dan proses perekonomian di tengah masyarakat.

"Dengan memantau perkembangan perekonomian di masyarakat berjalan baik, dan pelaku usaha dan industri bisa bekerjsama dengan baik maka perkembangan ekonomi di masyarakat akan terus tumbuh dan maju yang nantinya berdampak positif pada kemajuan Kabupaten Malang," tandas Didik.

Kewajiban Pemkab Malang adalah memberikan edukasi, sarana, ruang untuk di manfaatkan oleh masyarakat, "Kita minta masyarakat juga proaktif dengan adanya fasilitas sarana dan edukasi dari Pemkab Malang," terang Didik.

Di singgung Program Kerja Bupati terkait perikanan di mana nanti akan memberikan bibit lele pada masyarakat, "Pak Bupati punya Program yang akan membagikan bibit lele pada ibu ibu rumah tangga agar nantinya ada tambahan penghasilan di sela sela kesibukan di rumah," kata Didik.

Setelah tiga bulan saat musim panen lele yang bersamaan panennya maka kewajiban Pemkab Malang menyediakan pasar untuk menampung hasil panen lele.

"Karena bersifat panen secara Komunal atau bersama, kita berkewajiban mengimpun hasil panen lele para iibu ibu lewat sistem digitalisasi agar tidak terjadi kerumunan, mudah mudahan niat baik kita terlaksana," tutupnya.  (nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Malang Berupaya Pulihkan UKM Saat Dampak Pandemi Covid-19 Masih Tinggi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT