Sabtu, 22 Januari 2022
Pemerintahan

Pemkab Sampang Tak Perpanjang Izin Kios Pasar Margelela Imbas Akan Ditata Ulang

profile
Avirista

26 Februari 2021 20:42

65 dilihat
Pemkab Sampang Tak Perpanjang Izin Kios Pasar Margelela Imbas Akan Ditata Ulang
Bangunan Pasar Margelela tampak dari depan

SAMPANG - Pemkab Sampang akan menata ulang kawasan Pasar Margelela. Penataan ini dilakukan lantaran aktivitas Pasar Margelela yang selalu sepi semenjak dibangun pada 2018 silam.

Sebelum penataan ulang nanti Pemkab Sampang, tidak akan memperpanjang izin 333 kios pedagang di Pasar Margelela Sampang tersebut.

Sejumlah reaksi pun dilakukan beberapa pedagang. Sebagian pedagang mengaku keberatan dengan relokasi pedagang guna melakukan penataan ulang.

Kondisi di Pasar Margelela Sampang

Akibat kebijakan sepihak tersebut, sejumlah pedagang mengaku juga kebingungan, karena mereka tidak bisa berjualan lagi di pasar yang berada di Jalan Syamsul Arifin, Kelurahan Polagan, Kecamatan Kota Sampang, setelah masa kontrak sewanya sudah habis.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Margalela, Rahmat menyatakan, para pedagang merasa resah dengan adanya kabar bahwa izin berjualan tidak bisa diperpanjang lagi. Padahal nasib keluarga tergantung dari penghasilan berjualan di pasar itu.

“Kami yang masih aktif berjualan tidak boleh memperpanjang izin. Jika semua kios tidak boleh buka, trus keluarga kami makan apa. Jadi kami minta ketegasan pemerintah tentang nasib para pedagang ini," Ucap Rahmat dengan nada sedih

Sementara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Fadol saat dikonfirmasi menjelaskan, pemerintah harus mengosongkan Pasar Margalela karena akan dilakukan penataan ulang.

“Sebenarnya terjadi miskomunikasi antara pemerintah dengan para pedagang. Pihak paguyuban ngotot supaya pemilik kios Pasar Margalela tetap membuka lapaknya kembali,” terangnya.

Kondisi Pasar Margelela Sampang

 

Menurut Fadol rencana untuk mengosongkan Pasar Margalela sesuai dengan perintah melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi. "Berdasarkan SK Bupati tersebut, Pasar Margalela harus dikosongkan karena akan ditata ulang paling lambat sampai Juli 2021 mendatang,” jelasnya.

Fadol menambahkan, jumlah kios pedagang Pasar Margalela mencapai 333 unit. Tentu saja kebijakan untuk menata ulang pasar yang telah direnovasi itu diharapkan kelak ramai dikunjungi pembeli sehingga mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Tujuan penataan ulang itu ialah supaya pedagang maupun pembeli nyaman beraktivitas di Pasar Margalela,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag) Sampang, Suhartini Kaptiati mengaku, tim relokasi melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Stiker yang ditempel pada kios Pasar Margalela dalam rangka penataan ulang. Rencana kami lakukan sesuai perintah bupati,” tukasnya. (Jum) 
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Sampang Tak Perpanjang Izin Kios Pasar Margelela Imbas Akan Ditata Ulang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT