Minggu, 23 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Pemkab Sidoarjo Kejar Target Vaksinasi Covid-19 ke Lansia

profile
Krisna

13 Oktober 2021 23:18

16.2k dilihat
Pemkab Sidoarjo Kejar Target Vaksinasi Covid-19 ke Lansia
ilustrasi vaksinasi Covid-19 ke lansia (dokumen SJP)

SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo terus berusaha mencapai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (inmendagri). Sebagai upaya memenuhi ketentuan tersebut, Pemkab berupaya mempercepat vaksinasi dosis pertama bagi orang lanjut usia (lansi) sebanyak 60 persen. 

Kali ini cakupan vaksinasi bagi lansia di Sidoarjo mencapai 40,5 persen. Namun, vaksinasi lansia masih terus digenjot. Sesuai ketentuan inmendagri, capaian di atas 40 persen itu sudah melewati batas untuk ke PPKM level 2. Saat ini, Surabaya Raya masih tertahan di level 3.

‘’Kalau berdasar asesmen Kemenkes, kita sudah masuk level 1,” ujar Bupati Ahmad Muhdlor Ali, Rabu (13/10/2021).

Dia menyebutkan, ada sekitar 150 ribu lansia menjadi sasaran vaksinasi. Saat ini, 120 ribu lansia sudah disuntik vaksin. Sisanya, 30 ribu lansia, akan divaksin pemkab dengan jemput bola. Pemkab harus proaktif dalam vaksinasi lansia. ”Harus langsung turun. Karena lansia kan sudah sepuh, jadi kitalah yang harus aktif,” katanya.

Dalam dua pekan ini, targetnya 60 persen lansia sudah mendapat vaksin. ”Hitungannya, tujuh hari sebanyak 30 ribu sasaran sudah selesai. ‘’Namun, saya beri kelonggaran agar 30 ribu sisanya itu kami selesaikan dalam tiga minggu. Artinya, setiap kecamatan hanya menerima 300 dosis vaksin dalam sehari,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro mengungkapkan, percepatan vaksinasi Covid-19 juga dilakukan Polresta Sidoarjo kepada lansia.  Petugas mendatangi pasar-pasar tradisional untuk jemput bola memvaksin lansia. Termasuk ke tempat-tempat keramaian. ”Kami hunting masyarakat yang belum divaksin. Terutama lansia,” ujar Kusumo Wahyu.

Meski vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 68,3 persen, lanjut dia, capaian vaksinasi untuk lansia masih cukup jauh dari target. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Sidoarjo Kejar Target Vaksinasi Covid-19 ke Lansia

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT